Maritime

Laksdya TNI Aan Kurnia Jadi KABAKAMLA Yang Baru

img title

Petroenergy.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih Laksamana Madya TNI Aan Kurnia sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) baru. Aan akan menggantikan Laksamana Madya TNI Purnawirawan Achmad Taufiqoerrochman yang tahun ini menginjak usia 60 tahun dan akan memasuki masa pensiun.

Jokowi mengatakan "Sudah, namanya Pak Aan," singkat Presiden di Istana Merdeka, Jumat (17/1).  Namun memang Jokowi belum merinci alasan memilih Aan sebagai Kabakamla yang baru.

Aan sebelumnya menjabat Komandan Jenderal Akademi TNI sejak Maret 2018 lalu. Beliau merupakan seorang Perwira Tinggi (Pati) alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-32 tahun 1987. Berbagai penugasan telah diembannya selama di TNI Angkatan Laut, baik di kapal perang maupun di staf.

Laksdya Aan dikenal sebagai sosok yang punya pengalaman berada di kapal perang. Jokowi mengatakan Aan terpilih usai melewati serangkaian pertimbangan yang dilakukan oleh Tim Penilaian Akhir (TPA). Aan juga terpilih karena mengungguli dua calon lain dalam proses pencairan Kepala Bakamla baru.

"Melalui TPA, banyak pertimbangannya. Ada tiga calon (kandidat)," Ungkap Jokowi

Rapat TPA sendiri dilangsungkan pada Kamis (16/1) kemarin di Istana Kepresidenan. Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga turut masuk dalam TPA dan ikut memberikan penilaian kepada beberapa calon.

Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Mahfud MD, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan ada beberapa menteri lainnya. [str]

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category