Business

Kontrak PPP Menjawab Kebutuhan Infrastruktur Energi

img title

Jakarta, Petroenergy.id - Pada Seminar Internasional tentang Continued Sustainable Development – “Stimulate Investment to Increase Economic Growth”  yang diselenggarakan di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (8/3), Presiden Direktur PT Anglo Euro Energi Indonesia, Alan Yogi Lau, menyajikan pelaksanaan/implementasi atas Public-Private kemitraan (PPP) sebagai struktur pembiayaan yang inovatif dan solusi untuk memenuhi permintaan yang tinggi untuk proyek-proyek infrastruktur di Indonesia di sektor-sektor seperti Listrik dan infrastruktur LNG (Liquefied Natural Gas).

Alan menjelaskan, Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2015 mempromosikan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam penyediaan infrastruktur. Sektor Swasta menanggung risiko signifikan dan tanggung jawab manajemen sepanjang hidup proyek, dan remunerasi secara signifikan terkait dengan pelaksanaan kontrak PPP.

Diharapkan dengan People First PPP di mana tanggung jawab sosial dan pembangunan sosial ditekankan dalam proyek PPP dan dinilai oleh dampaknya terhadap Agenda PBB 2030 dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

"Sebuah yayasan sosial atau koperasi harus menjadi pemangku kepentingan (stakeholder) dan pembangunan sosial serta komunitas harus tertanam dalam desain proyek untuk memastikan manfaat-manfaatnya dapat dikenal oleh komunitas lokal" ditekankan oleh Mr. Alan. "Dengan cara ini proyek-proyek infrastruktur besar seperti gas sampai listrik dan LNG akan memiliki manfaat spin-off untuk masyarakat lokal di seluruh nusantara."

Selain itu, paparnya, infrastruktur ekonomi dan sosial juga dapat dilaksanakan melalui Public Private Partnership di industri seperti Transportasi Energi, Air, Limbah, Telekomunikasi, serta Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata.

Alan Yogi Lau adalah anggota United Nations Economic Commission for Europe (UNECE) sebagai Tim Spesialis dalam Public-Private Partnerships dan anggota Task Force dalam LNG Best Practice Policy Guidance. (adi)

ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category