Business

Kolaborasi Elnusa dan Schlumberger, Perkuat Lini Servis Migas dan Bangun Kapasitas Nasional

img title

Petroenergy.id, Jakarta - PT Elnusa Tbk (Elnusa), perkuat kolaborasi dengan Schlumberger Indonesia (Schlumberger) untuk perkuat lini servis hulu migas serta tingkatkan kapasitas nasional. Tiga tujuan besar yang hendak dicapai dalam kolaborasi ini adalah menjawab berbagai tantangan zaman pada industri hulu migas, peningkatan kapasitas nasional dalam servis hulu migas & alih teknologi yang ada di dalamnya, serta berbagi peluang & risiko untuk meningkatkan pertumbuhan bersama.

Kolaborasi Elnusa dan Schlumberger ini telah diawali semenjak 33 tahun lalu. Penguatan kerja samanya telah dituangkan kembali dalam Master Cooperation Agreement (MCA) yang berlaku selama lima tahun pada akhir Desember 2018 lalu. Elnusa dan Schlumberger menyetujui lima lini servis kerja sama dalam MCA, yaitu reservoir characterization, pengeboran dan produksi minyak, surface production serta integrated services.

Sebagai langkah awal, realisasi MCA telah ditindak lanjuti oleh kedua belah pihak melalui Master Service Agreement (MSA) lini servis wireline. Konsorsium Elnusa – Schlumberger pun telah melakukan kontrak kerja sama untuk jasa cementing offshore di rawa Delta Mahakam dengan Pertamina Hulu Mahakam, Oktober lalu.

Sebagai lanjutan, Elnusa dan Schlumberger bersepakat untuk saling menjajaki berbagai peluang kolaborasi lini servis yang akan dituangkan dalam berbagai MSA lainnya. Penjajakan ini diupayakan melalui gelaran Workshop Elnusa – Schlumberger yang membahas berbagai kemungkinan penguatan lini servis, peningkatan kapasitas nasional, serta perbaikan proses bisnis dalam berbagai fungsi pendukung, Bogor, Kamis (21/11) lalu.

Direktur Utama Elnusa, Elizar P Hasibuan mengemukakan, “Kami sangat menyambut baik kolaborasi ini, karena tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak. Bagi Elnusa, kolaborasi ini tentunya akan meningkatkan kompetensi serta kemampuannya, baik dari sisi aset, kompetensi pekerja, manajemen bisnis hingga bisnis proses. Kami meyakini kolaborasi ini akan menumbuh kembangkan kemampuan Elnusa dalam servis migas sehingga meningkatkan kapasitas nasional.”

Managing Director Schlumberger, Devan Raj menambahkan “Kolaborasi antara Schlumberger dan Elnusa bukan merupakan hal yang baru, melainkan telah terjalin selama 33 tahun. Kami berharap bahwa kerja sama ini akan terus berlangsung untuk waktu yang lebih lama serta dapat mendukung peningkatan kapasitas migas nasional Indonesia. Terima kasih kepada Elnusa atas kerja sama baik ini”.

Lebih lanjut Elizar menambahkan, “Ditengah kondisi migas saat ini, kolaborasi mutlak untuk dilakukan. Sharing terhadap aset, pengalaman dan kompetensi di antara kedua pihak tentunya akan lebih memudahkan dan mempercepat agilitas kinerja dalam mencapai tujuan bersama. Kerja sama dengan Schlumberger ini tentunya juga dapat memperkuat dan menambah keyakinan para klien bahwa Elnusa pantas dan layak menjadi the next champion oil and gas services di Indonesia. Kami juga berkeyakinan mampu memberikan solusi total jasa energi terbaik sehingga dapat mendukung pencapaian produksi migas dan efisiensi biaya produksi dalam skala nasional ke depannya.”

Elnusa, perusahaan nasional penyedia jasa energi, telah torehkan tinta emas perjalanan ke-50 tahunnya dengan penuh suka cita dan kebanggaan, pada September lalu. Lahir sebagai perusahaan jasa elektronika dan komunikasi perkapalan, melalui berbagai inovasinya Elnusa bertransformasi menjadi perusahaan jasa energi.

Pada segmen hulu migas, jasa Geoscience & Reservoir (GRS) Elnusa telah sukses melakukan survei seismik dengan cakupan area terbesar di Indonesia sejak tahun 1986. Jasa Production, Operation & Maintenance (POMS) telah lebih dari 35 tahun mendukung pengelolaan blok Mahakam sejak Total EP Indonesie hingga beralih ke Pertamina Hulu Mahakam di awal tahun 2018 lalu. POMS juga telah melakukan pengeboran 100 sumur baik untuk VICO Indonesia atau yang sekarang dialihkan kepada Pertamina Hulu Kalimantan Timur dan Sanga-sanga. Jasa Electric Wireline Logging juga telah lebih dari 30 tahun memberikan solusi migas kepada Pertamina Grup di berbagai wilayah kerjanya. Terlebih lagi Elnusa juga telah berhasil menjadi market leader dalam jasa Hydraulic Workover di Indonesia berkat kompetensi, pengalaman dan inovasinya.

Sementara itu dari segmen distribusi & logistik energi, Elnusa kini mengelola 43 Terminal Bahan Bakar Minyak. Menjadi operator distribusi BBM nasional termasuk mendukung tercapainya BBM satu harga di wilayah Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Bali, Nusa Tenggara dan Indonesia Timur lainnya. Segmen ini juga mengelola Agen Penjual Minyak Solar dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar di banyak area terpencil hingga pelosok negeri.

Segmen jasa penunjang juga tidak kalah menorehkan prestasi yang membanggakan. Elsa Regent kapal seismik tercanggih di Indonesia saat ini dan diawaki 100% putra-putri Indonesia baru saja menyelesaikan survei seismik pertamanya di Vietnam. Sebelumnya, Elsa Regent telah memberikan kebanggaan dengan merampungkan salah satu seismik laut terbesar di Indonesia di sepanjang Perairan Andaman, Aceh.

Pencapaian yang diraih Elnusa ini tidak lepas dari beragam inovasi dan kreativitas yang merupakan kunci daya tahan dan keberhasilan selama ini. Elnusa hadir untuk negeri dan bangkitkan kapasitas migas nasional. [str]elnusa

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category