Maritime

KN Karimunjawa Resmi Beroperasi

img title

Jakarta, petroenergy.id - KN Karimunjawa yang telah resmi diluncurkan di Galangan Kapal PT. Multi Prima Batam pada 27 Oktober 2016 lalu, Sabtu (21/1/2017) lalu  secara resmi beroperasi. Pengoperasian KN Karimunjawa  secara resmi dilakukan Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. A. Tonny Budiono, MM dan selanjutnya akan langsung melakukan pelayaran perdananya.

"Saya berharap semoga keberadaan KN Karimunjawa ini dapat memberikan manfaat yang besar dalam mendukung tugas kenavigasian khususnya pada wilayah kerja Distrik Navigasi Kelas II Semarang," ujar Dirjen Tonny dalam sambutannya di Kantor Distrik Navigasi Kelas II Semarang.

Seiring dengan meningkatnya kegiatan pelayaran pada wilayah perairan Indonesia, penyelenggaraan kegiatan kenavigasian menjadi faktor yang sangat vital dibutuhkan demi menunjang kelancaran transportasi laut. Dalam pelaksanaannya harus didukung dengan kecukupan sarana dan prasarana kenavigasian, tak terkecuali dalam penyediaan armada kapal Negara kenavigasian yang handal, khususnya pada Wilayah Kerja Distrik Navigasi Kelas II Semarang. 

Saat ini Distrik Navigasi Kelas II Semarang memiliki enam unit armada kapal Kenavigasian, yang terdiri dari satu unit kapal Kelas I dan empat unit kapal Kelas III yang sudah berumur di atas 40 tahun. Sehingga kehadiran KN Karimunjawa sebagai Kapal Pengamat Perambuan yang memiliki panjang 32,4 meter dan kecepatan 20 knot ini akan semakin memperkuat peran armada kenavigasian yang dimiliki oleh Disnav Kelas II Semarang.

"Pada kesempatan ini, saya berharap agar keberadaan KN Karimunjawa ini dapat turut mendukung program besar Pemerintahan Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia melalui Program Tol Laut," kata Tonny.

Untuk itu, seperti disiarkan Humas Ditjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan,  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berkomitmen untuk selalu mendukung terciptanya keselamatan dan keamanan pelayaran dengan menyediakan sarana dan prasarana transportasi laut yang handal. Ini  agar pemberian pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa transportasi laut dapat berjalan dengan baik, aman, selamat, efektif, dan efisien. (san)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category