Business

Kinerja Pertamina, Triwulan III: Penjualan BBM Meningkat Tipis  

img title

Jakarta, petroenergy.id - Penjualan BBM dan non BBM meningkat tipis dibanding tahun lalu. Itulah potret salah satu pencapaian PT Pertamina di triwulan III 2016.

Menurut Dirut PT Pertamina Dwi Soetjipto, penjualan BBM di periode itu mencapai 47,77 juta KL, naik tipis sekitar 4,3% dibanding tahun lalu yang sebesar 45,81 juta KL. Untuk penjualan non BBM sampai akhir September 2016 sebesar 6,64 juta KL, naik 4,8% dari periode sama tahun lalu.

Pertamina sendiri telah berhasil melakukan penetrasi berbagai varian produk BBM, khususnya Bahan Bakar Khusus Pertamax Series yang meningkat 206% dibanding periode sama 2015, menjadi 6,21 juta KL.

Dalam jumpa pers tentang kinerja Pertamina di triwulan III 2016, Dwi Soetjipto juga menjelaskan perkembangan pembangunan infrastruktur oleh Pertamina. "Pipa gas Gresik - Semarang,  Muara Karang - Muara Tawar dan Tegal Gede telah mencapai kemajuan hampir 70%."

Dwi Soetjipto menjelaskan,  perseroan menargetkan RDMP Kilang Balikpapan tahap I selesai pada Juni 2019 dan start up pada September 2019. Pada medio 2021 diharapkan  kilang tersebut sudah memenuhi standard Euro 5.

Sementara New Grass Root Refinery Tuban,   menurut Dwi Soetjipto,  akan selesai akhir 2021 dengan standard Euro 5. Refinery ini merupakann joint venture antara Pertamina dan  Rosneft Rusia.

"Untuk Kilang Cilacap  yang bekerjasama dengan Saudi Aramco,  selesai akhir 2022 dengan spesifikasi standard Euro 5," ujar Dwi Soetjipto.

Dwi juga menginformasikan bahwa NGRR Bontang sudah diputuskan menjadi penugasan kepada Pertamina dan tentatif selesai 2023, juga dengan standard Euro 5. (san)

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category