Business

Kilang Balikpapan Batal Produksi BBM Euro 4

img title

Jakarta, petroenergy.id  - PT Pertamina membatalkan rencana untuk memproduksi bahan bakar minyak (BBM) kualitas Euro 4 di Kilang Balikpapan, Kalimantan Timur. Semula, diperkirakan proyek revitalisasi kilang mampu memproduksi BBM dengan kualitas Euro 4 tersebut pada 2019.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan kilang Balikpapan nantinya memproduksi BBM kualitas Euro 5. “Langsung naik tingkat jadi Euro 5. Kalau bisa yang tinggi, kenapa bertahan sama yang rendah,” kata Wianda  di Jakarta Senin, kemarin.

Menurutnya, alasan untuk memproduksi Euro 5 karena spesifikasi peralatan dan investasi tidak jauh berbeda dengan Euro 4. Dana investasinya diperkirakan sekitar US$ 4,6 miliar, yang terdiri dua tahap. Tahap pertama pada Juni 2019, Kilang Balikpapan akan memproduksi BBM dengan spesifikasi Euro 2 dengan investasi US$ 2,6 miliar. Pproduksi BBM kualitas ini mencapai 135.000 kiloliter.

Setelah itu, pada tahap kedua akan memproduksi BBM kualitas Euro 5 paling lambat pada pertengahan 2021. Ini lebih cepat dari target Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yakni 2023. Kapasitas volumenya sama dengan ketika memproduksi BBM kualitas Euro 2. 

Selain memproduksi BBM, Kilang Balikpapan juga akan memproduksi Liquefied Petroleum Gas sebesar 6 MBD, Avtur 40 MBD dan 170 MBD diesel. Kapasitasnya mencapai 360 MBSD. Rencana jenis pasokan minyak mentahnya adalah Espo dan Azeri. 

Selain Kilang Balikpapan, Pertamina juga akan memproduksi BBM kualitas Euro 5 di kilang lain. “Empat proyek peningkatan kapasitas kilang atauRefinery Development Masterplan Program (RDMP) ditambah dua kilang baru mau dibuat juga bisa meningkat jadi Euro 5,” ujar Wianda.

Selain di Balikpapan, Pertamina akan meningkatkan kapasitas kilang di Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jawa Barat. Sementara kilang minyak baru di Bontang Provinsi Kalimantan Timur dan Tuban  Provinsi Jawa Timur.

EURO adalah European Emission Standards, yaitu standar emisi kendaraan bermotor di Eropa. Standar yang mengacu pada penghitungan kadar emisi gas buang ini -seperti Carbon Monoxide (CO), Hydrocarbon (HC), dan Carbon Dioxide (CO2)- kemudian diadopsi oleh beberapa negara lain. (mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category