Energy

Ketua METI: Untuk Hasilkan 1 MW Listrik Panasbumi Habiskan US$ 2 Juta

img title

Jakarta, petroenergy.id - Ketua Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI), Suryadarma, berpendapat bahwa kemungkinan beroperasinya lebih cepat satu PLTP, itu sangat bergantung pada ada atau tidaknya kendala saat pekerjaan engineering, procurement, and construction (EPC).

Dalam kasus Ulubelu, misalnya, pengembangan unit baru memiliki keuntungan karena dibangun pada lokasi yg sama, sehingga memiliki infrastruktur yang cukup guna mendukung PLTP unit tiga.

Menurut Suryadarma, untuk membangun energi dari panas bumi, investasi yang diperlukan semuanya dikeluarkan diawal pembangunannya sebelum menghasilkan listrik dan jumlahnya sangat signifikan besar.

“Untuk mendapatkan 1 MW rata-rata diperlukan dana sekitar US$ 2 juta sampai menghasilkan listrik diperlukan biaya sampai US$ 4 juta per MW,” katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Hal ini disebabkan mencari sumber daya panas bumi sampai menghasilkan uap panas bumi menghadapi berbagai macam risiko baik risiko eksplorasi, risiko teknis, risiko lingkungan, dan risiko finansial.

“Pada masa pemeliharaannya membutuhkan biaya yang relatif sedikit. Biaya yang diperlukan untuk pemboran sumur produksi bisa mencapai US$5-US$7 juta per sumur sedangkan sumur injeksi sekitar US$4 juta per sumur,” tuturnya.

Suryadarma mengungkapkan, Pertamina sangat layak tetap diberikan tugas pengembangan panas bumi dimasa mendatang. Walaupun tentu saja agar ada upaya kompetisi untuk meningkatkan kualitas, diperlukan juga pembinaan dan keterlibatan perusahaan panas bumi lainnya baik nasional maupun internasional mengingat pengembangan panas.

“Diperlukan cara pembinaan yang baik oleh pemerintah agar tugas kepada BUMN berjalan, di sisi lain perusahaan nasional dan internasional lainnya perlu dilibatkan,” ujar Suryadarma. (mk)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category