Company

Kesuksesan Lapangan Sedayu, Buah Dari Konsistensi

img title
Jakarta, petroenergy.id -- Belum lama ini, SKK Migas menyatakan bahwa lapangan Sedayu di Blok Pangkah akan lebih besar produksinya dari lapangan B​anyu Urip di Blok Cepu Jawa Timur. Pasalnya, dari keempat sumur lapangan Sedayu, cadangannya diklaim bisa memproduksi sebesar 300 juta bph.
 
Mengomentari hal ini, Mantan Ketua Umum IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia), Rovicky Dwi Putrohari menyatakan salah satu rahasia kesuksesan lapangan Sedayu adalah, Saka Energi  sebagai operator blok konsisten melakukan kegiatan eksplorasi walaupun menghadapi kondisi harga komoditas (crude oil price) sangat rendah.
 
"Ya kuncinya konsistensi bertahap dimana pemboran keempat sumur Sedayu sudah dilakukan sejak tahun 2001 untuk sumur Sedayu 1 dan terakhir tahun ini untuk sumur Sedayu 4. Dari konsistensi ini akhirnya bisa memuaskan,​" ​jelasnya kepada petroenergy, Senin, 9 Januari 2016.
 
Konsistensi tersebut, lanjut Rovicky, diaplikasikan dengan tetap bertahan untuk melakukan semua kegiatan Eksplorasi-Produksi, termasuk melakukan kegiatan studi, operasi pengeboran eksplorasi, dan juga tetap memepertahankan produksi. "Termasuk kami konsisten menyelesaikan pekerjaan 28 well-intervention dan 2 workover sepanjang tahun 2016. Ini berbeda dengan perusahaan lain yang kebanyakan memotong kegiatan eksplorasi karena faktor harga minyak yang rendah," tambahnya.
 
Sebagai informasi, Blok Pangkah di Basin East Java ini awalnya memiliki luas area eksplorasi awal adalah 3924 km2 dan kini menjadi 783 km2. Blok dengan work commitment sebesar USD 27,1 juta ini disinyalir telah menghabiskan dana sebesar USD 17 juta untuk pemborannya. Saka Indonesia Pangkah Ltd ini mempunyai participant interest sebesar 65%, sedangkan sisanya adalah Saka Indonesia Pangkah B.V sebesar 25% dan Saka Pangkah LLC sebesar 10%. (adi)
ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category