Maritime

Kereta Pelabuhan: Solusi mempercepat bongkar muat barang

img title

Jakarta, petroenergy - Moda transportasi kereta pelabuhan merupakn salah satu solusi mengatasi waktu tunggu bongkar muat barang yang sering dikeluhkan terlalu lama. Rencan ini sempat menimbulkan kontraversi antara pemerintah dan PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo II).

Menurut Tenaga Ahli Menko Kemaritiman Abdulrcahim, sebagai mana dikutif dari katadata.com  kereta api tidak akan mengganggu arus kontainer yang berkontribusi bertambahnya  dwelling time. Hal ini lantaran jalur kereta api akan diperpanjang hingga mencapai dermaga sehingga bongkar muat container tidak terganggu. 

Pihaknya masih membebaskan lahan sepanjang 200 meter agar rel Stasiun Pasoso dan Dermaga Tanjung Priok terhubung. Dengan demikian, container dapat langsung masuk pelabuhan tanpa transit. “Masih terus berproses pembebasan lahannya. Kontainer dapat langsung ke kapal,” kata Abdulrachim di  Jakarta.

Di samping itu, adaanya fasilitas kepabenan di Cikarang Dry Port juga membuat proses administrasi  ekspor dan impor  akan lebih cepat . Targetnya apabila kereta dan segala fasilitas berjalan berjalan baik, dwelling time dapat diteken hingga tiga harei. (Yuniman)

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category