Energy

KEN Usul Perubahaan Peraturan PLTU Mulut Tambang

img title

Jakarta, PetroEnergy.id -- Komite Eksplorasi Nasional (KEN) Sub Komite Minerba dalam siaran pers yang diterima PetroEnergy 2 Agustus 2016, melihat ada permasalahan PLTU Mulut Tambang dalam kaitannya dengan Usaha Konservasi dan Eksplorasi Cadangan Batubara Indonesia.

Untuk itu, KEN memberikan pandangan bahwa biaya penambangan perlu dikedepankan konsep transparansi harga antara Kementeriaan ESDM, PLN, dan pemasok batubara.

Selain itu, penentuan biaya penambangan sebaiknya dilakukan oleh konsultan independen yang telah disetujui oleh ESDM dan PLN mengingat perdebatan ESDM dan PLN berawal dari harga mulut tambang di sumatra yang didasarkan atas usulan biaya penambangan dari pihak pelaku tambang atau calon pemasok secara langsung.

Kemudian harus ada pendekatan kepemilikan terintegrasi antara PLTU Mulut Tambang baik PLN maupun IPP lebih dipastikan nilainya (10 % sampai 30 % ).

KEN juga mengusulkan revisi pada Peraturan Menteri ESDM No. 09 Tahun 2016 yaitu :

*Untuk jarak antara PLTU Mulut Tambang dan wilayah tambang maksimal 20 km (over regulated), sehingga semestinya direvisi atau dihilangkan mengingat kondisi sebaran IUP yang memungkinkan jarak IUP lebih dari 20 km (kebijakan terlalu jauh masuk ke wilayah teknis).

*Untuk PLTU skala kecil (7 MW 25 MW), mengingat kebutuhan batubara hanya mencapai 35.000 ton 125.000 ton/tahun tentu tidak dimungkinkan dipasok dari luar IUP yang berjarak jauh, juga bukan dipasok oleh perusahaan tambang besar, sehingga cost plus dengan margin 15 % 25 % dapat ditetapkan namun perhitungan biaya penambangan tetap melalui konsultan.

*Untuk PLTU skala besar (100 MW-1000 MW), mengingat pemasok batubara adalah perusahaan besar maka harga batubara dilakukan business to business, namun kontrol terhadap konservasi atau SIR tetap menjadi kontrol ESDM agar tidak terjadi hilangnya cadangan akibat dari sekadar menjual harga murah serta keuntungan besar bagi perusahaan. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category