Investment

Kemudahan Eksplorasi Laut Dalam Sudah Harus Diberikan

img title

Jakarta, Petroenergy.id – “Sudah lebih dari 15 tahun eksplorasi laut dalam tidur nyenyak. Tidak ada temuan besar di kurun waktu tersebut dan kami sangat menyadari pentingnya eksplorasi,” ungkap Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Dwi Kusumantoro dalam suatu seminar beberapa lalu di Jakarta. Sebagai langkah awal, beberapa waktu lalu dikumpulkan ahli
geologi di Bali membicarakan mengenai usulan Perpres untuk mengatur tentang eksplorasi laut dalam.

Berbagai kemudahan juga diusulkan sehingga eksplorasi laut dalam menarik. Antara lain diusulkan eksplorasi didasarkan pada kavling basis, atau bahkan bisa juga menjadi country basis. Laut dalam juga harus diberi kemudahan kredit karena investasi sangat besar. Selain itu kemudahan pajak seperti tax holiday dan terakhir Komitmen eksplorasi akan diberikan kebebasan hingga 5-6 tahun. “Dengan berbagi kemudahan maka kompetisi bisa tumbuh dan kompetitif,” jelasnya.

“Jadi kesimpulan atau menjadi hal yang didorong sebagai hasil pertemuan kemarin diantaranya adalah usulan perubahan usia kontrak investasi agar bukan lagi 6+4 tahun tapi bisa menjadi lebih. Selain itu diharapkan EPP bisa menjadi 15%,” tukas Dwi. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category