Other

Kementerian ESDM Pangkas Anggaran Rp.291.59 Miliar

img title

Jakarta, petroenergy.id  - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan hadiri  pada rapat kerja (raker) perdananya dengan Komisi VII DPR RI. Dalam rapat tersebut, Kementerian ESDM menerima usulan pemangkasan anggaran sebesar Rp291.59 miliar untuk anggaran 2017 dari Rp7,31 triliun menjadi Rp7,02. 

Pemangkasan itu, sebenarnya telah diberitahukan pada 17 Oktober, kata Jonan, dimana dirinya baru bergabung di kementerian ESDM, sejak pekan lalu. Usul pemangkasan itu diantaranya untuk pembangunan jaringan gas pada 2017 yang akan dikurangi sejumlah 15.500 sambungan rumah tangga, dari sebanyak 69.200 sambungan jadi 53.700. 

"Karena belum tentu ini dikerjakan semua bisa selesai. Dan, melihat dari usulan yang kami kurangi, kami yakin tidak akan mengganggu kinerja kementerian ESDM," kata Jonan di  hadapan Komisi VII DPR RI, Kamis (20/10). 

Dijelaskan pula bahwa pemangkasan kedua, yaitu untuk program converter kit untuk nelayan, dimana anggaran untuk tahun depan akan dipangkas sekitar 50 persen menjadi Rp50 miliar dari sebelumnya Rp100 miliar. Alasannya, dari 28.400 unit dipotong menjadi 24.00 unit," tidak terlalu banyak dipotong," kata Ignasius Jonan.  

Ignasius Jonan menambahkan bahwa pemangakasan ketiga, yakni untuk pembangkit listrik tenaga gas dan batu bara yang merupakan wilayah dari Direktorat Jendral Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Dipotong karena jika tetap dicantumkan. Penyerapan anggarannya dinilai terlalu kecil. " Ini kami tunda di tahun 2018 mengingat banyak persiapan pembangunan yang perlu dilakukan," katanya. (mk) 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category