Other

Kementerian ESDM Belum Tentukan Asumsi ICP

img title

Jakarta, petroenergy.id - Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, mengatakan belum  ada yang bisa meramal harga minyak dunia. Namun demikian, katanya, kementerian ESDM tetap memantau tren harga minyak dengan formula yang ada.

"Pertanyaan, apakah mungkin masih US$45 per barel? Itu mungkin saja," kata Arcandra kepada wartawan di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (15/5).

Dikutip katadata hari ini bahwa situs Opec.org, merilis harga minyak pada 11 Mei lalu berkisar US$ 48,37 per barel, atau meningkat dari hari sebelumnya di level US$ 47,31 per barel.

Jika dilihat sejak Januari hingga Mei 2017, harga minyak Basket OPEC mengalami fluktuasi dan  mencapai puncak tertingginya  pada 1 Maret 2017 dengan harga  US$ 54,15 per barel. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat mengomentari perubahan asumsi harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) dari US$ 45 per barel menjadi US$ 50 per barel, ini dengan mempertimbangkan tren kenaikan harga minyak dunia. 

Bila asumsi ICP berubah, akan ada penyesuaian nominal pendapatan negara. “Kami mengasumsikan US$ 45 per barel, mungkin akan berkisar US$ 50,” kata Sri Mulyani dikutip Reuters, usai menghadiri pertemuan Dana Moneter International dan Bank Dunia di Washington D.C, April lalu.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara. Kenaikan harga ICP memang berpotensi meningkatkan pendapatan negara. Namun hal itu masih perlu melihat faktor lainnya seperti nilai tukar dan produksi siap jual (lifting).

Adapun harga ICP tahun ini, menurut Suahasil bisa lebih tinggi dari yang sudah ditargetkan dalam APBN 2017.  "Memang rata-ratanya (ICP) tahun ini mungkin bisa mencapai US$ 50 per barel ​," ujar dia. 

Mengacu pada data Kementerian ESDM, ICP April lalu tercatat sebesar US$ 49,56 per barel. Harganya meningkat 1,74 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar US$ 48,71 per barel. Namaun, sekarang Kementerian ESDM belum menentukan asumsi ICP.mk

 

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category