Maritime

Kemenangan Kuasai Pasar Rubber Fender, 50 Persen

img title

Jakarta, petroenergy.id - Program pembangunan tol laut pemerintahan Joko Widodo berimbas meningkatnya pertumbuhan bisnis marine equipment. Salah satu bisnis yang mengalami pertumbuhan signifikan adalah rubber fender untuk fasilitas dermaga (pelabuhan), Polyethylene Buoy dan marine Aids to Navigation.

Demikian disampaikan Director PT. Kemenangan, Ari Wibisono kepada PE di sela-sela pameran IndoMarine 2016, 3/11. Menurutnya sejak dua tahun terakhir ini perusahaan mengalami pertumbuhan rata-rata 25%. “Di saat perusahaan-perusahaan sektor lain mengalami perlambatan pertumbuhan, bahkan ada yang mem-PHK karyawannya, tapi kami justru meningkatkan kapasitas produksi dengan melibatkan beberapa sub-kontraktor,” katanya. Diharapkan tahun ini  pertumbuhan akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Wibisono, Kemenangan sampai saat ini masih menjadi market leader di sektor industri tersebut. Sedikitnya ada tiga pemain besar industri rubber fender, Polyethylene Buoy dan marine Aids to Navigation. “Kami menguasai 50% pangsa pasar di lini bisnis ini,” ujarnya seraya menambahkan bahwa yang membedakan produk-produk dari Kemenangan adalah formulasi karet yang digunakan, di samping menggunakan anti-oksidan dan anti ozone. Dengan demikian produk Kemenangan lebih tahan terhadap cuaca panas.

Wibisono menambahkan, baru-baru ini Kemenangan membuka devisi baru, yaitu: Keman Flex. Devisi ini memproduksi  PVC and Rubber hose (selang  tabung elpiji). Agustus lalu telah memproduksi produk tersebut. Namun demikian, belum dipasarkan karena sedang menunggu proses keluarnya sertifikat mutu SNI.

Sementara untuk produk rubber fender untuk fasilitas dermaga (pelabuha), Polyethylene Buoy dan marine Aids to Navigation telah menggunakan SNI, di samping ISO 9001. “Kami juga menerapkan ISO 14001 dan health safety OHSAS,” lanjut Wibisono.

Sampai sejauh ini Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari produk-produk yang diproduksi Kemenangan di atas 50%. Di harapkan tahun-tahun mendatang TKDN tersebut akan terus meningkat, sehingga menimbulkan multiplier effect bagi perkembangan industri dalam negeri. (yuniman)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category