Investment

Kawasan Teluk Siap Kucurkan US$ 100 Miliar untuk Proyek EBT

img title

Jakarta, petroenergy.id -- Dalam jangka waktu 20 tahun ke depan, Negara-negara Kawasan Teluk (Gulf Cooperation Council/GCC) siap mengucurkan US$ 100 miliar dalam aneka proyek energi terbarukan. Direktur Jenderal Lembaga Riset Sains Kuwait (KISR), Samira Ahmad Omar mengungkapkan pembiayaan besar-besaran ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan energi negara-negara anggota GCC yang tumbuh tiga persen tiap tahunnya.

Konsumsi energi ini tak lepas dari kebutuhan transformasi ekonomi termasuk untuk kecenderungan GCC yang membentuk basis industri dan jasa, ditambah lagi dengan terus meningkatnya populasi negara-negara GCC. "Tantangan perubahan lingkungan terkait polusi dan pemanasan global membuat kita tak punya pilihan selain berpindah menggunakan energi terbarukan yang risetnya melingkupi siklus energi global," ungkap Omar seperti dilaporkan dalam Jitunews.com, Rabu (6/4).

Negara-negara anggota CGG seperti halnya negara lain di Timur Tengah dan Afrika Utara, yakni memiliki peluang menjanjikan untuk ekploitasi energi matahari, mengingat kawasan ini beriklim ekuatorial dengan rata-rata pancaran matahari 1.400-1.800 jam per tahun.

by. Yuniman Taqwa

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category