Oil & Gas

Karena Status BUMN, Kurtubi: Pertamina Tidak Independen

img title

Jakarta, petroenergy.id – Sejak ‘menjauh’ dari Pertamina, kini Anggota Komisi VII DPR RI, Kurtubi, mulai mengkritisi keberadaan perusahaan energi plat merah; sama halnya ketika Kurtubi sering mengkritisi SKK Migas.

Kali ini, Kurtubi menyorot Pertamina dari sisi statusnya sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebagai BUMN, kata Kurtubi, Pertamina  diduga di bawah skenario pihak-pihak yang berada dalam pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Oleh karena itu, dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VII DPR RI dengan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto, Selasa (19/4), Kurtubi menghimbau agar Pertamina berdiri independen yang berlandaskan undang-undang dan memutus statusnya sebagai BUMN.

Sehingga ke depan, kata Kurtubi, Pertamina  tidak lagi dalam status BUMN, namun diharapkan  perusahaan energi ini  menjalankan tugas berdasarkan Undang-Undang.

“Jika Pertamina menjalankan tugas berdasarkan perintha undang-undang, tentu keberadaannya lebih independen,” kata Kurtubi, sambil menambahkan, “Untuk memutus status BUMN ini harus ada aturan khusus yang mengaturnya.”

RDP Komisi VII DPR RI dengan Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, juga menyoroti kondisi kilang minyak Pertamina.

Dwi Soetjipto menjelaskan, mengacu pada roadmap pembangunan kilang nasional diketahui kompleksitas kilang hanya sekitar 4,9, dan ini sudah termasuk proyek pembangunan kilang RU Plaju, RU Cilacap, RU Balikpapan, RU Dumai, dan RU Balongan.

"Kompleksitas kilang nasional relatif rendah dibandingkan dengan kilang yang berada di kawasan Asia dan global," ujar Dwi Soetjipto.

Dicontohkannya, RU Plaju, misalnya, kompleksitas kilang ini dalam membuat berbagai jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) hanya sebesar tiga; RU Cilacap sebsar 3,1; RU Balikpapan sebesar 3,7;  RU Dumai sebesar 6,6, dan RU Balongan sebesar 10.

"Kondisi ini yang menyebabkan cost of production kilang milik Pertamina lebih rendah, meskipun kami telah  berupaya untuk meningkatkan efisiensi," tandas Dwi Soetjipto. mulkani

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category