Company

Kaltimex Energi Agresif Bisnis Biomass

img title

 

Jakarta, PetroEnergy.id -- Herman Darnel Ibrahim, Senior Advisor PT Kaltimex Energi menyatakan saat ini Kaltimex mulai beralih ke gas engine ke bisnis energi terbarukan. “Untuk bisnis kami sangat tertarik dengan bio mass khususnya untuk sampah kota. Kami punya keahliannya dan juga teknologinya untuk itu,” kata dia dalam acara seminar Hari Listrik Nasional di JCC Senayan, Kamis 29 September 2016.

"Mengapa biomass? Biomas di Indonesia mempunyai potensi listrik mencapai 32 GW. Sumbernya berasal dari sampah perkotaan dan sampah sawit." tambahnya.

Dijelaskannya, saat ini sampah dari 500 kota di Indonesia rata-rata menghasilkan delapan juta ton sampah dengan potensi listrik yang dihasilkan hingga 2.000 MW. Jika diolah dengan teknologi yang canggih dan tepat, maka 1.000 ton sampah kota bisa dikonversi jadi 35 MW sampai 40 MW energi listrik. Sayangnya baru lima persen sampah kota yang dikonversi jadi energi listrik.

"Untuk biomass dari tandan buah sawit sumbernya adalah 110 juta ton per tahun dengan potensi energi 12.500 MW. Sampah itu dari bermacam -macam jensi seperti tandan, cangkang, buah, bahkan limbahnya. Sangat besar potensi ini," tambahnya.

Untuk itulah, PT Kaltimex berusaha dan agresif masuk ke bisnis energi dari sampah ini. Apalagi dengan mengubah menjadi energi merupakan kepedulian akan lingkungan juga.

Dalam penerapannya, Herman mengklai Kaltimex punya teknologi untuk mendukung. " Kita bisa memakai teknologi Jerman yaitu Wabio dimana tidak memerlukan landfills (tempat pembuangan sampah) karena landfills butuh area yang luas. Pokoknya datang saja pada kami untuk biomass ini. Kami puya teknologi dan solusinya," tandas Herman. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category