Investment

JV Ditolak, NGRR Diterima

img title

Jakarta, petroenergy.id --Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB),Noviandri dalam acara Doa Bersama dan Apel Siaga FSPPB, Rabu (1/3) di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, menjelaskan mekanisme Joint Venture (JV) pada program Refinery Development Master Plan (RDMP) sebagai upaya unbundling Pertamina.

"Kami tak menolak RDMP. Yang kami tolak adalah JV sampai kapanpun dan kami minta JV dibatalkan. Solusinya ya NGRR (New Grass Root Refinery)," kata Novi kepada petroenergy.

"Jika alasannya terpaksa memakai JV karena berbagai proyek tersebut butuh pembiayaan fantastis disebabkan ketiadaan dana. Pertamina kan dapat mengadakan pembiayaan sendiri melalui global bond, dan pembangunan infrastuktur migas bisa dilaksanakan bertahap," tambahnya.

Jadi lanjut dia, FSPPB mencurigai ini sebagai upaya unbundling Pertamina, kemudian akan dilakukan privatisasi menuju neoliberalisme. Jika ini terjadi, maka industri migas nasional hanya tinggal kenangan dan ketahanan serta kedaulatan energi akan rapuh karena ketergantungan pada pihak lain sangat besar.

Disisi lain jika memang Direksi Pertamina sudah mengklaim 50 mitra strategis untuk pembangunan NGRR, mengapa mitra-mitra tersebut tidak dialihkan saja kepada program RDMP yang memakai sistem JV. "Jika pun ingin memakai JV mengapa justru kilang-kilang yang dalam ekonomis dan marjin tinggi seperti Cilacap? Minimal harusnya kilang yang sangat tidak ekonomis," tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, FSPPB mengeluarkan petisi yang isinya antara lain, menolak setiap upaya unbundling Pertamina dalam bentuk apapun sebagai bagian dari komitmen kokoh pekerja dalam upaya membangun kedaulatan pengelolaan migas Indonesia. Selain itu, FSPPB mendukung sepenuhnya penempatan Direktur Utama dari internal perusahaan yang mempunyai kompetensi dan prestasi dalam pengelolaan migas serta menolak konsep joint venture (JV) RDMP. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category