Other

JOBPTJM Tanam Pohon Langka Jelutung Di Bayung Lenci

img title

 

Bayung Lencir, PetroEnergy.id – JOB PERTAMINA – TALISMAN Jambi Merang (JOBPTJM) sebagai operator Blok Jambi Merang bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas berdasarkan kontrak bagi hasil (Production Sharing Contract / PSC). Skema PSC ini mengoptimalkan penerimaan negara sekaligus melindungi dari paparan risiko tinggi terutama pada fase eksplorasi. Kegiatan operasional JOBPTJM yang dilakukan di Sungai Kenawang Gas Plant juga berdampak pada kehidupan sosial dan lingkungan di masyarakat sekitarnya. Dengan senantiasa melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial (TJS) untuk keberlangsungan hidup, program TJS JOBPTJM mengacu pada lima pilar berdasarkan Kebijakan Perusahaan yakni Peningkatan Ekonomi, Perlindungan Lingkungan, Peningkatan Kualitas Pendidikan, Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Perbaikan Infrastuktur. Hal ini tertuang pada Visi TJSL JOBPTJM yaitu mewujudkan tata kelola TJSL yang bersinergi menuju masyarakat mandiri yang cinta bumi.

Gerakan Penanaman Pohon Langka (Jelutung) di Ring 2 Kelurahan Bayung Lencir merupakan upaya perwujudan kepedulian JOBPTJM terhadap perlingdungan lingkungan.  1000 Bibit Jelutung yang merupakan tanaman khas berdasarkan Pusat Informasi Kehutanan Provinsi Jambi, ditanam bersama JOBPTJM dan masyarakat sekitar di daerah Kecamatan Bayung Lencir. Dengan potensi kebermanfaatan yang cukup besar, diharapkan kegiatan Gerakan Penanaman Pohon Jelutung dapat memberikan edukasi dan turut melestarikan tanaman langka tersebut.

Jelutung atau jelutong (Dyera costulata, syn. D. laxiflora) adalah spesies pohon dari subfamilia oleander. Pohon ini dapat tumbuh hingga 60 meter dengan diameter sebesar 2 meter. Selain sebagai bahan permen karet, getah jelutung juga bisa digunakan untuk bahan perekat, vernis, ban untuk motor/mobil balap, water proofing serta sebagai bahan isolator dan barang-barang kerajinan lainnya. Indonesia adalah pengekspor getah jelutung terbesar di dunia. Dengan potensi kebermanfaatan yang cukup besar, diharapkan Gerakan Penanaman Pohon Jelutung mampu melestarikan tanaman langka tersebut.

“Kertelibatan dan peran institusi untuk dapat mengelola lingkungan hidup di daerah-daerah merupakan poin penting sehingga terdapat peningkatan kapasitas daerah.  Hal ini menjadi salah satu agenda kegiatan KLH karena sesuai mandat dan fungsi KLH untuk melakukan pembinaan di daerah. Penanaman Jelutung merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kapasitas warga di Kecamatan Bayung Lencir” sambut Ir. Lukitariati, Kepala BLH Provinsi Sumsel di sela acara.

Kelurahan Bayung Lencir terletak sekitar 17,5 km dari area operasi JOBPTJM. Dengan kata lain, daerah ini merupakan peringkat dua yang menjadi daftar wilayah dengan kewajiban binaan. Melihat adanya potensi warga sekitar dan kontur wilayah desa, JOBPTJM memilih kelurahan Bayung Lencir sebagai penggerak Penanaman Pohon Langka (Jelutung). General Manager JOBPTJM, Kuncoro Kukuh mengungkapkan perusahaaan berkomitmen untuk menjalankan tanggung jawab sosialnya secara berkesinambungan terhadap masyarakat sekitar wilayah operasi, salah satunya terkait pelestarian lingkungan hidup.

“Peresmian Pohon Langka (Jelutung) di Ring 2 Kelurahan Bayung Lencir ini merupakan bukti komitmen kami untuk menghijaukan lingkungan daerah sekitar operasi dan melestarikan lingkungan hidup yang sudah langka,” ujar Kuncoro.

Acara yang dihadiri oleh Management PHE, Management Talisman, BLH PP Muba, BLH Provinsi Sumsel, Kelurahan Bayung Lencir, Kapolsek Bayung Lencir, Danramil Kecamatan Bayung Lencir dan UPTD Dinas Pendidikan Bayung Lencir ini melakukan penanaman yang diwakili berbagai lapisan masyarakat, dari murid SDN 03 Kaliberau hingga masyarakat usia dewasa.

“Penanaman pohon Jelutung ini tidak hanya merupakan pelestarian alam, namun bagi masyarakat Bayung Lencir ini juga merupakan salah satu sarana edukasi mengenai pentingnya penghijauan dan melestarikan tanaman langka,” ujar Alamsyah, camat Bayung Lencir.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category