Global

Islandia Akan Ekspor Listrik Panasbumi Ke Eropa

img title

Jakarta, PetroEnergy.id – Fithra Faisal, Peneliti Panasbumi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia berpendapat, jika harga minyak bumi kembali naik lagi dan Indonesia sudah bisa memenuhi kapasitas terpasang listriknya sendiri nanti, maka tidak tertutup kemungkinan listrik dari energi Panasbumi dari Indonesia akan bisa di ekspor.

“Dengan catatan kita juga harus sudah siap baik secara infrastruktur, regulasi dan lain-lainnya,” kata Fithra belum lama ini di Kampus UI, Depok, Jakarta.

Untuk itu, tambahnya, jika mau diwujudkan dari sekarang semua stake holders harus mempersiapkan dan mendukung energi listrik Panasbumi. “Sebab ekspor tenaga listrik antar  Negara dari Panasbumi itu bukan hal yang mustahil. Sekarang saja sedang dipersiapkan Islandia. Tak menutup kemungkian kita juga mampu di masa depan” tegasnya.

Fithra menjelaskan, saat ini Islandia sedang membuat studi proyek kabel listrik melalui bawah laut yang menghubungkan Islandia dan Eropa. Kelebihan daya listrik di Islandia akan dijual di pasar spot Eropa, di mana harga listrik dan permintaan yang lebih tinggi.

Studi kelayakan tersebut akan selesai dalam lima tahun ke depan, dan proyek diharapkan bisa berlangsung pada tahun 2020. “Kunci sukses proyek ini adalah panjang kabel, efisiensi, dan biaya.” (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category