Energy

Investor Jepang Incar Proyek Ketenagalistrikan Indonesia

img title

Jakarta, petroenergy.id -- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengidentifikasi beberapa investasi dari beberapa perusahaan Jepang yang berminat pada pengembangan sektor ketenaga­list­rikan dan gas dengan lokasi proyek tersebar di seluruh Indonesia.  

Dalam kunjungan kerja di Jepang (8-10 Juni 2016), BKPM mengetahui beberapa proyek yang diminati antara lain PLTU, PLTG, PLTGU, PLTP, PLTA dan PLT mini hydro.

“Investor Jepang berminat di ber­ba­gai proyek ketenagalistrikan yang menjadi prioritas pemerintah. Selain beberapa pembangkit listrik, yang paling diminati adalah proyek Pembang­kit Listrik Tenaga Gas dan Uap Jawa 1 dengan kapasitas mencapai 1600 me­gawatt,” kata Kepala BKPM, Franky Sibarani, dikutip EnergiToday edisi Senin (13/6).

Keseriusan para investor untuk menanamkan mo­dalnya pada beberapa proyek di sektor ketenagalistrikan dan gas terlihat dari progres para investor pada proyek-proyek tersebut. Saat ini investor ada yang sudah me­masuki penjajakan final dengan mitra lokal, sudah memiliki nota kesepa­haman kerja sama dengan mitra lokal, proses tender dan menunggu hasil dari Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL).

Sedangkan proyek PLTGU Jawa 1 yang sedang memasuki tahap lelang diharapkan tahun ini dapat diumumkan pemenangnya jika tidak ada hambatan. Selain PLTGU Jawa 1 yang berka­pasitas besar, BKPM juga mengiden­tifikasi minat dua perusahaan Jepang lai­nnya masing-masing di bidang pe­ngembangan PLTA mini hydro dan industri daur ulang bahan bakar yang berkapasitas kecil. (mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category