Investment

Investor Asing Bisa Masuk Di Industri Petrokimia Masela

img title

Jakarta, Petroenergy.id --Tenaga Ahli Bidang Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Haposan Napitupulu mengatakan, tidak tertutup kemungkinanan perusahaan asing berperan dalam industri petrokimia dari hasil produksi gas Masela nantinya.

"Kita sudah punya perusahaan Petrokimia seperti Chandra Asri dan sebagainya. Perusahaan ini tentunya jadi prioritas. Namun karena pabrik Petrokimia terdiri dari berbagai jenis produk sehingga membutuhkan teknologi yang cukup rumit serta ada peran kepemilikan hak paten dalam design konstruksinya. Jadi tak tertutup kemungkinan kalau perusahaan Petrokimia asing berperan khusus nantinya dibidang teknologi," katanya menjawab pertanyaan Petroenergy.id di Jakarta Kamis (12/5/2016).

Haposan mencontohkan suatu komplek industri Petrokimia di Malaysia dimana terjadi kerjasama antara perusahaan lokal yang diwakilkan Petronas dengan perusahaan Petrokimia asal Jepang yaitu BASF. Disini awalnya Petronas dan BASF berbagi saham dalam kepemilikan pabrik. Namun setelah beberapa tahun akhirnya semua jadi milik Petronas. "Setelah itu Petronas hanya tinggal membayar hak paten dari design konstruksinya ke BASF," tambahnya.

Jadi, nantinya skema seperti ini bisa dicontoh oleh kita dalam pengelolaan Blok Masela. Namun begitu jika ada teknologi produk kimia tertentu yang sudah dikuasai oleh dalam Negeri patentnya tentunya kita tak perlu memakai design teknologi dari luar. "Tetap Local Content harus diutamakan," katanya.

Yang penting, kata dia, gas produksi Masela tidak langsung diekspor ke luar Negeri karena akan merugikan Indonesia. Sebab jika ekspor langsung maka hanya menghasilkan USD 300 per ton. Lalu jika diubah menjadi LNG (Liquid Natural Gas) menghasilkan sekitar USD 550 per ton. "Tapi jika kita produksi menjadi amonia maka menghasilkan USD 750 per ton, lalu methanol USD 500 per ton dan juga polymers USD 1800 per ton. Tentu lebih menguntungkan daripada gas langsung diekspor,"
tukasnya (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category