Global

Ini Dia Jawaban Pertamina Soal Saham M&P Yang Diberitakan Bermasalah

img title

Jakarta, PetroEnergy.id- VP Corporate Communcation PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro, menjawab pemberitaan pembelian saham M&P yang dianggap bermasalah dan akhirnya di suspend oleh otoritas bursa setempat.

"Pertamina betul membeli saham M&P senilai 4,2 euro per share. Berdasarkan value dari aset yang dimiliki M&P dimana Pertamina menghitung 2P, harga pembelian Pertamina hanya sekitar USD6,6 s.d. 7 per barel. Nilai pembelian tersebut relatif rendah dibandingkan dengan pembelian aset-aset migas yang terjadi pada periode yang sama dengan nilai di atas USD15 per barel," ujar Wianda kepada PetroEnergy Minggu 7 Agustus 2016.

Namun sebenarnya, lanjut dia, arti strategis dari akuisisi tersebut lebih kepada penguasaan kendali Pertamina atas M&P berikut aset-aset pentingnya. Aset yang kemudian dikendalikan oleh Pertamina tersebut, beberapa di antaranya yaitu di Gabon, Tanzania, dan Nigeria telah berproduksi sehingga langsung memberikan hasil bagi Pertamina (quick yield).

"Intinya M&P adalah perusahaan publik, sehingga seluruh proses untuk akuisisi ini dilaksanakan dengan cara yang sangat transparan, prudent, dan penuh perhitungan," tandas Wianda. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category