Investment

Industri Komponen Kapal Bangkit Dari Tidur

img title

Jakarta – petroenergy.id – Sekretaris Jenderal Perhimpunan Industri Komponen Kapal Indonesia (PIKKI), Drs Baharuddin Abubakar, MSc, menilai program pemerintah atas rencana pembangunan 3.500 kapal nelayan pada tahun ini merupakan momentum kebangkitan industri komponen kapal dalam negeri. Padahal sebelumnya industri ini tiarap karena komponen kapal masih didominasi impor

“Dengan rencana Kementrian Kelautan dan Perikanan membuat 3500 kapal pada tahun ini dan akan berlanjut tiap tahunnya sampai 2019, membuat industri komponen dalam negeri optimis bisa menangkap peluang itu,” ujar Baharuddin kepada PE, di Jakarta, 18/5.

Lebih lanjut ditambahkan, ada kewajiban bagi kapal pesanan pemerintah diproduksi di dalam negeri. Apalagi beberapa kementerian juga memesan kapal patrol, perintis dan sebagainya. Hal ini yang membuat galangan-galangan kapal dalam negeri kini kebanjiran order. Kondisi demikian pun berimbas ke industri komponen dalam negeri

Selama ini industri komponen kapal dalam negeri baru memberikan kontribusi 20 – 30 persen dalam memasok pembuatan kapal di dalam negeri. Hal ini disebabkan, katanya, karena dulu kita lebih suka membuat kapal dari luar negeri. Galangan kapal pada saat itu hanya membuat beberapa kapal saja. Akibat industri komponen kapal dalam negeri turut terpengaruh.

Namun demikian, industri komponen kapal dalam negeri yang baru bangkit satu tahun terakhir ini terbentur dalam proses pengurusan sertifikasi komponen kapal yang dikeluarkan oleh Badan Klasifikasi Indonesia ( BKI). Di mana proses pemberitahuan atas kurang lengkapnya persyaratan pengurusan sertifikasi komponen kapal bisa memakan waktu dua bulan lebih. Seharusnya bisa lebih cepat pemberitahuannya, sehingga bila ada kekurang-persyaratan bisa segera dilengkapi. “Bila kondisinya demikian, maka tahun ini kami pesimis bisa berpartisipasi memasok komponen kapal untuk proyek kapal pemerintah itu,” tegasnya (Yuniman)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category