Maritime

Industri Galangan Kapal Berharap Stabilnya Harga Minyak dan Batubara

img title

Batam, petroenergy.id -- Harga minyak dunia dan batubara mulai stabil. Secercah harapan bagi industri galangan kapal di Batam.

Adalah Irfan Widyasa, Direktur Small Medium Enterprise, Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Batam yang menyampaikan optimisme itu,. Stabilnya harga minyak dunia di level US$ 45 – US$ 50 membuat tender proyek minyak dan gas akan dibuka kembali.

Sejalan dengan itu, harga batubara dunia juga mulai stabil di level US$ 75  per ton. Menurut Irfan, stabilnya harga ditandai meningkatnya penyewaan alat berat full booked hingga akhir 2017 hingga 350 persen.

Faktor lainnya adalah dilonggarkannya keran ekspor mineral mentah. Kebijakan tersebut diikuti tiga ketentuan. Pertama merubah izin jadi pertambangan khusus, kedua harus bangun smelter dalam lima tahun, dan ketiga divestasi saham hingga 51 persen untuk negara dalam 10 tahun.

Divestasi saham adalah pengurangan beberapa jenis aset baik dalam bentuk finansial atau barang. Dapat juga disebut penjualan dari bisnis yang dimiliki perusahaan. Divestasi adalah kebalikan investasi pada aset baru.

Ini semua akan menggairahkan kembali industri galangan kapal di Batam. BP Batam sebagai pengelola investasi tidak diam, tetapi berupaya dengan empat usaha, yakni mendukung aliansi perusahaan galangan berbagi sumber daya; mendorong masuknya galangan kapal berteknologi tinggi; menggeser dominasi tongkang, membangun klaster industri galangan kapal.

Irfan mengatakan geliat kebangkitan itu mulai terasa karena perusahaan besar seperti Profab dan McDermott sudah mulai dapat order baru.

Sebaliknya, Sekretaris  Batam Shipyard Offshore Association (BSOA), Suri Teo mengatakan kondisi shipyard di Batam saat ini belum menunjukkan perubahan. “Kondisinya masih sama seperti sebelumnya. Belum ada tanda-tanda," katanya seperti diberitakan Batam Pos, beberapa waktu lalu.

Suri memprediksi kondisi ini akan bertahan hingga akhir tahun. "Tahun depan mudah-mudahan ada perubahan," ujarnya berharap.(san)

 

 

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category