Other

Indonesia-Jerman Jalin Kerjasama Bidang Energi Bersih

img title

Jakarta, petroenergy.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, mengatakan, sudah saatnya kebutuhan energy digantikan dengan energi baru terbaru (EBT). Oleh karena itu diperlukan menjalin kerjasama dengan mitra kerja.

Hal itu dikemukakan Sudirman Said ketika berkesempatan menandatangani Declaration of Intent bidang energi bersih dan terbarukan dengan Wakil Menteri Urusan Ekonomi dan Energi Republik Federal Jerman, Uwe Beckmeyer.

“Kami menyadari bahwa kebutuhan untuk energi bersih dan energi terbarukan sudah sangat mendesak, peningkatan rasio elektrifikasi menjadi salah satu fokus kami. Diperlukan kerja sama dengan mitra strategis untuk mendukung upaya-upaya tersebut,” kata Menteri ESDM di Jakarta, Rabu (18/5).

Menurutnya, pemerintah Indonesia dan Jerman telah memiliki beberapa kerja sama di bidang energi bersih dan energi terbarukan, salah satunya dengan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) untuk mempromosikan pemanfaatan EBT di Indonesia yang diharapkan berdampak positif pada penanggulangan perubahan iklim.

Dalam kerja sama ini, kata Sudirman Said, Pemerintah Jerman memberikan hibah sebesar 3,4 Juta Euro untuk kegiatan peningkatan kapasitas, fasilitasi, dan prastudi kelayakan untuk proyek percontohan.

“Penandatanganan Declaration of Intent ini diharapkan dapat mendukung tercapainya target di sektor energi, terutama pemanfaatan energi bersih dan energi terbarukan untuk terciptanya ketahanan energi nasional,” ujar Menteri ESDM pula.

Sementara, dalam sambutannya, Uwe Beckmeyer menyampaikan, pemanfaatan energi bersih merupakan keniscayaan dan Jerman mendukung penuh berbagai upaya Indonesia, baik melalui kerjasama pemerintah maupun kerjasama bisnis. mulkani

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category