Oil & Gas

Implementasi Platform 3D EXPERIENCE di Proyek Kilang Minyak Tanjung Api-Api

img title

 

Jakarta, petroenergy.id – PT Palembang GMA Refinery Consortium (PGRC) memilih platform 3DEXPERIENCE Dassault Systèmes untuk perencanaan dan manajemen pembangunan kilang virtual di fasilitas kilang, utilitas, dan tangki penyimpanan minyak mentah di Palembang, Indonesia.

PGRC telah mendapatkan izin investasi dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dengan dukungan penuh dari Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus untuk beroperasi di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api. PGRC juga sudah menerima izin pengoperasian kilang minyak sementara dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Dengan kapasitas 300,000 barel per hari (bpd) fasilitas PGRC yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan, Indonesia, menargetkan untuk meningkatkan kapasitas kilang minyak domestik dan industri petrokimia sehingga akan membuka lebih banyak peluang untuk pertumbuhan industri-industri hulu turunan,  khususnya di provinsi Sumatera Selatan. Ini akan meningkatkan ketahanan dan kebijakan keamanan energi untuk stok dan pasokan bahan bakar domestik, serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga Indonesia.

Untuk mendukung aspirasi dan tujuan PGRC, platform 3DEXPERIENCE akan menyediakan representasi virtual dari perencanaan dan pengelolaan kilang tersebut pada setiap fase pengilangan dari pabrik dan fasilitasnya. Platform bisnis unik ini memberikan kemampuan yang luar biasa untuk mendesain, melakukan simulasi dan mengoptimalkan aset yang sudah ada dan aset di masa yang akan datang di lingkungan virtual untuk transformasi digital.

 Hal ini menghasilkan banyak keuntungan seperti: sumber utama data real-time dan model 3D berdasarkan pengalaman sebelumnya untuk kolaborasi yang lebih baik lagi; membuat keputusan awal yang menciptakan peluang untuk mengoptimalkan biaya selama masa pengoperasian kilang; mengeliminasi silo dan meningkatkan visibilitas untuk semua pemegang kepentingan di dalam proyek; mempersiapkan pekerja lapangan dengan lebih baik melalui simulasi virtual dan mengurangi risiko seraya meningkatkan keamanan; menurunkan biaya dan mengurangi downtime dengan perencanaan produksi yang kuat dan fitur penjadwalan; menciptakan gambaran langsung secara real time dari keadaan kilang.

PGRC memilih Dassault Systèmes yang memiliki pengalaman luas dalam proyek 3D digital dan kesuksesan pelanggannya, mulai dari Airbus, BMW Group, Tesla Motors hingga ExxonMobil, Procter & Gamble, Samsung, dan masih banyak lagi. PGRC yakin telah menemukan mitra strategis terbaiknya bersama Dassault Systèmes untuk memulai perjalanan milestone teknologi ini. 

Setri Anno, Corporate Communication Manager PGRC mengatakan bahwa kolaborasi PGRC dengan Dassault Systèmes akan menambah kesuksesan proyek kilang yang bernilai €10,000,000,000 ini. Selain itu, PGRC adalah kilang pertama di Indonesia yang mengimplementasikan platform 3DEXPERIENCE.

"Kami sangat senang terpilih menjadi mitra teknologi strategis PGRC. Sebagai perusahaan yang menjadikan inovasi berkelanjutan sebagai inti bisnis kami, Dassault Systèmes berkomitmen untuk menjadi kekuatan yang mendorong pengimplementasian proyek kilang PGRC, dan juga sebagai katalis untuk perusahaan-perusahaan yang ingin merangkul transformasi digital di Indonesia,” ujar  Masaki Konno, Managing Director Dassault Systemes AP South. (san-adi) 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category