Energy

Ignasius Jonan: PLN, Pertamina dan PGN Adalah Tim Gabungan Penetapan Tarif Listrik

img title

Jakarta, petroenergy.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, bertindak sebagai pembicara utama dalam Diskusi Akhir Tahun Ketenagalistrikan: Kinerja 2016 dan Outlook 2017, yang berlangsung di Gedung World Trade Center 1, Jakarta, Kamis (8/12).

Pada diskusi trsebut, Jonan menyoroti kebutuhan dan harga beli listrik oleh PLN di Indonesia. "Saat ini, kapasitas listrik Indonesia itu 51.000 Mega Watt (MW). Targetnya, sampai 2019 itu minimal kita harus punya 70.000 MW, sudah termasuk cadangan 30%. Kita akan menambah kira-kira sekitar 18.000-19.000 MW, " katanya, sambil menambahkan, “Penambahan tersebut, dengan asumsi pertumbuhan ekonomi 6% pertahun hingga 2019.”

Tantangan dalam pembangunan ketenagalistrikan yang kedua, menurut Jonan, adalah harga beli listrik. "PLN menjual listrik ke pelanggan dengan harga yang sama, tetapi ternyata harga beli ke produsen berbeda-beda," tutur Jonan.

Saat ini sedang dibentuk tim gabungan, yang terdiri dari PLN, Pertamina, dan PGN untuk mengatur feed in tariff yang adil. Tim ini, kata dia, akan mentukan tariff misalnya dibedakan tiap wilayah, tergantung tingkat kesulitan daerahnya.

Selain feed in tariff, tim gabungan tersebut akan mengatur pokok-pokok dalam Power Purchase Agreement (PPA) supaya harga beli listrik tetap dinamis. "Yang ketiga, ada daerah yang kehandalan listriknya rendah, kita akan membuat perjanjian PPA ke depan bukan hanya take or pay, tetapi delivery or pay. Jadi kalau pembangkit siap jual ke PLN, PLN harus terima dan harus bayar. Tetapi kalau pembangkit rusak, PLN harus meminta denda yang besar kepada produsen," jelas Jonan.

Diskusi Akhir Tahun kali ini merupakan edisi pertama dari diskusi lain yang diselenggarakan Kementerian ESDM. Kementerian ESDM akan mengadakan diskusi sektor minyak dan gas, mineral dan batubara, serta sektor energi baru, terbarukan, dan konservasi energi di penghujung tahun 2016 ini. (mk)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category