Other

IAGI Haramkan Peta Nine Dash Line Tiongkok Digunakan Di Indonesia

img title

Jakarta, PetroEnergy.id -- Sukmandaru Prihatmoko Ketua Umum IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) bersama empat organisasi profesi yaitu Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI), dan Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia (ISOI) menyatakan penolakan atas Peta 9 Dashline buatan Tiongkok.

"Sebagai organisasi profesi kami menolak adanya peta 9 dash line buatan Tionkok ini. Kami Berharap tidak ada pihak dari Indonesia baik forum terbuka, formal, dan ilmiah yang memakai peta 9 dash line dari Tiongkok tersebut karena melanggar batas NKRI," kata Daru di Jakarta, Jumat 10 Juni 2016.

Untuk itu, ia akan melayangkan nota keprihatinan akan klaim Tiongkok tersebut. Ia juga siap mengadakan audiensi aspek teknis geologis terkait ini ke berbagai Lembaga Pemerintah. Disisi lain ia mendukung sikap pemerintah yang mempertanyakan klaim Tiongkok atas 9 dash line.

Sekali lagi ia ingin tegaskan sangat keberatan atas munculnya beberapa peta terkait wilayah kedaulatan NKRI yang digunakan sebagai materi paparan oleh beberapa pihak, termasuk oleh badan-badan pemerintahan yang di dalamnya masih memuat 9 dash line. "Namun kalau sampai hal boikot Tiongkok belum sampai saat ini. Kita lihat saja perkembangannya," tukasnya. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category