Global

Harga Minyak Mentah Menguat

img title

Jakarta, petroenergi.id - Harga minyak mentah Brent–patokan internasional– dilaporkan hari Selasa (21/3/17) naik US$14 sen atau sekitar 0,3 persen menjadi US$51,76 per barel pada pukul 00.43 GMT. Adapun  minyak light sweet atau West Texas Intermediate (WTI), bertambah enam sen atau sekitar 0,1 persen, menjadi US$48,28 per barel.

Kenaikan harga ini, menurut laporan Reuters, seiring ekspektasi pemangkasan produksi yang dimotori Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), dan permintaan yang kuat yang perlahan mengikis kelebihan pasokan global.

Seperti diketahui, OPEC bersama produsen lain termasuk Rusia, bersepakat  memangkas produksi hampir 1,8 juta barel per hari (bph) di periode Januari dan Juni di 2017. Ini dilakukan  dalam upaya menopang harga dan mengendalikan kelebihan pasokan global yang menekan pasar selama hampir tiga tahun terakhir.

Sayangnya, seperti diberitakan persn, sejauh ini pengurangan itu belum memiliki dampak berarti lantaran kurangnya kepatuhan eksportir yang terlibat dan produsen lain, termasuk Amerika Serikat. Akibatnya, harga minyak mentah jatuh lebih dari 10 persen sejak awal tahun.

Agar tidak terus merosot, anggota OPEC sepakat memperpanjang pakta tersebut hingga Juni untuk menyeimbangkan pasar. 

Adalah Jeremy Baker, Senior Commodity Strategist di Vontobel Asset Management, yang mengatakan bahwa permintaan global tahun ini diperkirakan tetap sehat dan akan melampaui rata-rata pertumbuhan jangka panjang 1,2 juta barel per hari, antara 0,2 juta dan 0,4 juta barel per hari.

Kombinasi permintaan yang kuat dan pasokan global yang melemah diyakini akan memunculkan keseimbangan pasar yang  tidak akan terganggu oleh shale-oil AS. (san)

 

 

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category