Global

Harga Minyak Dunia Melemah

img title

Jakarta, petroenergy.id - Harga minyak dunia kembali  melemah. Pelemahan harga yang terjadi pada perdagangan Jumat waktu Amerika Serikat (AS) atau Sabtu pagi WIB (28/01/2017), diikuti pulihnya pengeboran minyak di Amerika Serikat yang dapat memacu peningkatan produksi.

Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret turun US$ 0,61 menjadi US$ 53,17 per barel di New York Mercantile Exchange. Patokan global, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Maret turun US$ 0,72 menjadi US$ 55,52 per barel di London ICE Futures Exchange.

Data Baker Hughes, Jumat, menunjukkan jumlah rig AS yang diklasifikasikan sebagai pengeboran minyak naik 15 rig menjadi 566 rig pada minggu lalu, tertinggi sejak November 2015.

Sejumlah analis memprediksi pemulihan pengeboran akan mendorong produksi minyak mentah AS.  Naiknya produksi minyak mentah AS dimungkinkan akan mengimbangi pemotongan produksi yang dilakukan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen utama lainnya.

Brent & WTI

Saat ini penetapan harga minyak bumi didasarkan pada dua kelompok/standar yang umum dan besar. Brent (Brent Crude) merupakan nilai standarisasi minyak yang sumbernya berasal dari laut utara (Eropa). Nama Brent berasal dari lahan tambang di laut utara, yang dibuka pada tahun 1970.

Harga minyak Brent menjadi dasar pembentukan harga sejak 1971 untuk hampir 40% nilai minyak di seluruh dunia, dan terus digunakan sampai saat ini. Karena produksi dari Brent terus mengalami penurunan,  sejak 2007 berkembang standarisasi harga baru yaitu WTI.

WTI (West Texas Intermediate )  adalah minyak bumi yang diproduksi di Texas (AS), dan dalam aplikasinya kebanyakan digunakan untuk bensin industri. Itulah sebabnya minyak ini banyak diminati, terutama di AS dan Cina. (san*)

* Tabel di atas adalah Harga Minyak Bumi Hari Senin (30/01/2017). (san*)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category