Global

Harga Minyak Di Atas US$60 Rugikan OPEC

img title

Jakartra, petroenergy.id - Ketaatan para partisipan atas kesepakatan pemangkasan produksi minyak mentah telah mencapai lebih dari 90 persen. Inventori minyak dunia selayaknya menurun lebih lanjut tahun ini.

Pemangkasan ini merupakan kesepakatan  negara-negara anggota Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan beberapa produsen minyak lainnya termasuk Rusi tahun lalu.

Mereka menyepakati pemangkasan output hingga nyaris 1.8 juta barel per hari (bph) dalam rangka menanggulangi produksi berlebih  yang telah mendepresiasi harga selama lebih dari dua tahun.

Per Januari, estimasi awal mensinyalir sudah sekitar 80-90 persen dari komitmen tersebut terlaksana. Sayangnya, Rusia dan negara produsen non-OPEC dilaporkan baru memangkas dalam jumlah sedikit. Sekjen OPEC Mohammad Barkindo berkeyakinan mereka akan menambah persentase pemangkasan.

Namun begitu, Barkindo menyatakan masih terlalu dini untuk mengatakan apakah kesepakatan yang sedianya akan berlaku selama enam bulan mulai 1 Januari itu perlu diperpanjang atau tidak pada rapat OPEC berikutnya pada bulan Mei.

Tim Evans, Spesialis Energi Berjangka di Citi Futures dalam sebuah catatan yang dikutip Reuters menyatakan, “Kami menganggap masih ada pertanyaan tersisa, karena Iran nampaknya mensinyalkan kenaikan produksi, bukannya peningkatan ketaatan."

Iran memang dikecualikan dari daftar negara yang perlu mengurangi output. Mereka diperbolehkan meningkatkan produksi. Hal ini membuat negeri yang beribukota di Teheran itu terus menggenjot dengan ekspektasi produksi minyak mencapai 4 juta bph pada pertengahan April mendatang.

Menteri Perminyakan Iran Bijan Zanganeh, seperti diberitakan Seputar Forex, mengatakan harga minyak di atas US$60 pada akhirnya akan merugikan OPEC. Pasalnya bakal mendorong kompetitor untuk meningkatkan produksi dan memicu penurunan harga jangka pendek. (san*)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category