Other

Harga Batubara Bakal Stabil Di 2017

img title

Jakarta, petroenergy.id - Harga batu bara diprediksi masih akan positif pada 2017 dan stabil. Kondisi ini didukung  peningkatan aktivitas manufaktur China. Harga batu bara akan berada di kisaran US$ 70-US$ 80 per ton untuk acuan newcastle coal.

Menurut analis PT NH Korindo Securities Raphon Prima, rencana penerapan kembali pengurangan produksi batu bara oleh pemerintah China akan membantu kestabilan persediaan dan permintaan batu bara dunia.

Raphon memprediksi, kinerja emiten batu bara akan bertumbuh namun tidak sebesar tahun 2016. Sementara Kepala Riset PT Koneksi Kapital Alfred Nainggolan memprediksi, pertumbuhan laba emiten batu bara sekitar 20-25 persen pada 2017 didukung harga batu bara. Alfred optimistis saham-saham batu bara pada 2017 akan membaik.

Proyek pembangkit listrik 35 ribu mega watt (MW) diyakini akan mendukung kinerja emiten batu bara, apalagi ditambah langkah efisiensi yang terus dilakukan perseroan. "Risiko emiten batu bara produksinya tidak terserap semakin kecil," kata Alfred .

Menurut Alofred, pertumbuhan ekonomi dunia yang membaik mendorong permintaan. Apalagi harga minyak menguat, mendorong kenaikan harga batu bara. Suplai berkurang,  permintaan meningkat, menurut Alfred, membuat harga batu bara naik pada kuartal IV 2016. (san)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category