Other

Harapan Menteri BUMN Kepada Pertamina   

img title

 

Jakarta, petroenergy.id – Mentri BUMN Rini Soemarno mengatakan, PT Pertamina harus bisa bersinergi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain seperti PLN dan juga pihak swasta.

Hal itu dikemukakan Menteri BUMN ketika memberikan sambutan pada pembukaan Petrmina Energy Forum 2016 yang berlangsung di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Selasa (13/12).

"Pertamina dengan PLN diharapkan lebih erat lagi," kata Menteri BUMN, Rini Soemarno, sambil menambahkan, “PLN juga memiliki pembangkit listrik yang digerakkan lewat gas.”

Menurutnya, dengan bersinergi maka harga listrik bisa lebih murah, terjangkau dan masyarakat akan lebih sejahtera.

Menyinggung rencana holdingisasi minyak dan gas bumi (migas), Rini Soemarno menjelaskan, sekarang regulasi telah disiapkan tinggal menunggu tandatangan Presiden. "Peraturan Pemerintah  44 sudah selesai dan tinggal menunggu ditandatangani Presiden, dan PP imbreng pun juga sudah disiapkan," kata Rini Soemarno.

Terkait dengan ketahanan energy, Rini menuturkan, ada empat hal yang sangat berkaitan satu dengan lainnya. Pertama, adanya ketersediaan. Kedua, akses. Ketiga, adanya harga yang terjangkau. Keempat, adanya pasokan yang memadai.

"Ketahanan energy adalah syarat mutlak yang harus dicapai. Tanpa ketahanan energy maka kegiatan ekonomi akan terganggu. Pun juga aktivitas sosial dan ekonomi akan terganggu," papar Rini.

Rini juga berharap agar Pertamina meningkatkan daya saing, bertransformasi ke arah yang lebih baik, meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan teknologi. Yang tidak kalah pentingnya, imbuh Rini, adalah optimalisasi sumber daya alam domestik serta riset dan pengembangan Energy Baru Terbarukan (EBT).

Rini juga mengapresiasi Pertamina yang masuk 5 besar perusahaan energy tingkat dunia. "Nanti kalau bisa Pertamina masuk 3 besar," tandas Rini, yang langsung disambut tepuk tangan oleh para audien Pertamina Energy Forum 2016. (mk)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category