Oil & Gas

Gross Split Perbaiki Pendapatan Negara

img title

Jakarta, petroenergy.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignatsius Jonan  mengakui sistem baru dalam pola bagi hasil di industri migas berupa gross split tidak otomatis meningkatkan investasi hulu migas, tetapi pendapatan negara bisa lebih baik.        

Selama ini ditengarai ada kontraktor yang hidup dari cost recovery. Pendapatannya dari bagi hasil sedikit tetapi dari cost recovery (CR)  banyak. Bahkan menurut Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar  seperti dikutip Energi Nusantara, ada kontraktor yang mengajukan 90% CR dari hasil minyak. Dengan gross split, bagian negara lebih terjamin.

Soal kekuatiran serbuan tenaga kerja asing di migas pasca penerapan gross split, Archandra menegaskan  hal tersebut tidak mungkin karena perusahaan pasti lebih memilih tenaga kerja Indonesia karena keahlian sama tapi gaji lebih murah.

Waktu pengembalian investasi (Rate of Return/ IRR) Gross Split memang menjadi pertimbangan. IPA mendukung skema Gross Split untuk efisiensi industri migas, tetapi ingin memastikan tingkat keekonomian tidak turun dibanding sistem yang ada sekarang.

Sementara itu   Dirjen Migas mengatakan bahwa tingkat IRR hulu migas dengan Gross Split tergantung pada karakteristik cadangan migas. Bisa 12%-20% tergantung lapangan yang didapat KKKS.                                       

Sedangkan anggota Komisi VII DPR  Ramson Siagian mempertanyakan bagi hasil skema Gross Split di Blok ONWJ dikarenakan bagian Pertamina jauh lebih besar dibanding Pemerintah.  

Menanggapi hal itu, Dirjen Migas IGN Wiratmadja menjelaskan, ada tiga komponen perhitungan bagi hasil, yakni base split, variabel split dan progresive split. Split yang disepakati di Blok ONWJ merupakan total dari tiga komponen tersebut. Jumlahnya bisa berubah dinamis. (san*) 

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category