Other

Gasifikasi Batubara Menanti Perhatian Pemerintah

img title

Jakarta, petroenergy.id  -  Pengembangan proyek gasifikasi batubara bawah tanah (underground coal gasification) belum sesuai harapan. Perlu perhatian pemerintah berupa insentif untuk mempercepat pengembangan proyek ini.

Pengembangan proyek gasifikasi batubara sangat strategis dalam meningkatkan ketahanan energi nasional. Menurut Ketua Umum Asosiasi Pertambangan Batu bara Indonesia (APBI-ICMA),   Pandu Sjahrir,  Indonesia yang merupakan salah satu pengekspor batubara terbesar di dunia memacu masuknya berbagai teknologi  pengembangan  batubara seperti gasifikasi .

Untuk itu, Pandu mengatakan pemerintah perlu membantu dalam hal fiskal agar proyek ini berkembang baik. ”Misalnya ramah terhadap pajak,” ujar Pandu Sjahrir. “Tentunya harus ada push dari private sector ya. Tapi, sejauh ini belum banyak yang ke arah sana,” tandas Pandu.

Gasifikasi batubara adalah proses mengubah batubara menjadi fuel gas yang kaya akan CO dan H2.  Gas yang dihasilkan dari karbonisasi coking coal telah digunakan sebagai penerangan sejak 1792. Pada akhir 1880 produksi kimia dari proses gasifikasi didemonstrasikan dalam pembuatan amoniak. Teknologi ini berkembang sangat cepat ke daerah Eropa, Jepang dan Amerika Serikat. ((san*)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category