Oil & Gas

Februari Awal, ESDM Lelang Lima Blok Migas Tahap I

img title

Petroenergy.id, Jakarta - Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto menginformasikan dalam paparan kinerja subsector  migas, di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (11/1/2019) yang lalu. Pemerintah akan melelang lima blok minyak dan gas (migas). Lima blok ini terdiri dari tiga blok eksplorasi dan dua blok eks-produksi. Dan ini akan menjadi lelang tahap I di 2019.

Djoko menuturkan, dalam rencana kerja 2019, rencananya ada 10 blok yang akan dilelang, dan lima blok akan dilelang dalam lelang tahap I.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan  dari lima blok yang dilelang tersebut, ada beberapa yang termasuk dalam lelang penawaran langsung. "Ada yang konvensional, penawaran langsung, dan termasuk blok Makassar Strait juga yang dilelang," ujar Arcandra, di Jakarta, Rabu (30/1/2019).

"Tahap awal 5 blok. Kalau bisa minggu depan, Februari awal," kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM. Blok produksi yang akan dilelang pada awal Februari 2019 yakni West Kampar dan Selat Panjang. Sedangkan, blok eksplorasinya adalah West Ganal, Makassar Strait dan West Kaimana.

Untuk lelang Blok Makassar Strait akan dilakukan tanpa mengikut sertakan Lapangan West Seno. Ini karena West Seno akan digabung ke Blok Rapak, Blok Makassar Strait saat ini masih dikelola oleh Chevron dan tetap berjalan hingga kontrak berakhir pada tahun 2020. Namun tidak dilanjutkan oleh Chevron karena proyek itu tidak masuk ultra laut dalam (IDD). "Sedang dievaluasi, sedikit lagi, ada beberapa lagi yang diklarifikasi. West seno masuk Bangka, dan Bangka kan bagian dari Blok Rapak," tuturnya. [str]

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category