Energy

Faisal Basri: Lebih Baik Lindungi Pertamina dari Ancaman Orang Mencari Rente, Ketimbang Melakukan Holding-isasi

img title

Jakarta, petroenergy.id – Faisal Basri, Ekonomi Universitas Indonesia (UI) kembali mengatakan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, Menteri kontroversial dengan menggagas pembentukan induk perusahaan (holding) BUMN Migas, sebuah gagasan yang tidak lazim dilakukan pada dunia korporasi dan investasi. Oleh karena itu, Faisal Basri sama sekali tidak setuju adanya pembentukan Holding BUMN Energi.

Berbicara pada seminar bertajuk Menempatkan Holding BUMN Energi dalam Kerangka Ketahanan Energi Berkelanjutan, yang diselenggarakan CORE Indonesia di Jakarta, Kamis (3/11), Faisal Basri, mengkritik konsep holding BUMN secara keseluruhan. “Saya kritik konsep holding-isasi secara keseluruhan. Saya tidak setuju dengan skema holding BUMN migas. Sebab, ini bukanlah skema holding yang sesungguhnya akan tetapi sebatas aksi korporasi,” katanya.

Selain Faisal Basri tampil sebagai pembicara pada seminar yang dimoderatori oleh Akhmad Akbar Susamto itu adalah Edwin Hidaya Abdullah (Deputi Bidang Pengelolaan Energi, Kementerian BUMN), Sammy Hamzah (Ketua APINDO Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral), dan Tumiran dari Pusat Studi Energi, Universitas Gajah Mada.

Menurut Faisal Basri, ada baiknya Menteri BUMN Rini Soemarno mengedepankan hal-hal yang berkaitan perbaikan pengawasan terhadap Pertamina ketimbang melakukan holding-isasi. “Awasi dan lindungi Pertamina dari ancaman orang-orang yang ingin mencari rente,” kata Faisal Basri sambil menambahkan bahwa sekarang mafia migas mulai melakukan manuver lagi.

Menurutnya, belum lama ini, Riza Chalid, orang yang disebut-sebut sebagai mafia migas kepergok ketika sedang melakukan pertemuan dengan salah seorang komisaris Pertamina di Bimasena, Jakarta.

“Sekarang, Riza Chalid masih petantang-petinting di Pertamina. Belum lama ini, dia (Riza Chalid—red) bertemu dengan salah seorang komisaris Pertamina di Bimasena. Kejadian itu sempat dipergoki oleh orang Pertamina pula,” kata Faisal Basri. (mk)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category