Investment

ExxonMobil Indonesia Siap Bangun Fasilitas JTB

img title

Bojonegoro, petroenergy.id --Vice President Public and Governent Affairs ExxonMobil Erwin Maryoto mengatakan, ExxonMobil akan menyiapkan investasi baru di Blok Cepu, Jawa Timur. Rencana ini dimasukkan ke dalam rencana program dan budgeting atau Work Plan and Budgeting (WPNB) 2017.Salah satu investasi disiapkan untuk lapangan Jambaran - Tiung Biru (JTB).

"Memang kami di JTB bukan operator. PEPC (PT Pertamina EP Cepu) operatornya. Tapi kami siap berinvestasi disana seperti membangun beberapa fasilitas dilapangan nanti kalau proyek berjalan. Ini sudah dinegosiasikan," papar Erwin di lapangan Banyu Urip dalam acara kunjungan media, Kamis 8 Desember 2017.

"Dari revisi PoD yang telah disetujui SKK Migas pada Agustus 2015 lalu. Investasi JTB sekitar USD 2.1 miliar untuk memproduksi 315 MSCFD gas dan 172 MSCFD gas yang akan dijual. Selan itu, diperkirakan dari JTB ini pemasukan negara lebih dari USD 6 miliar," tambahnya.

Tapi untuk pastinya besaran investasi JTB akan masih akan dimasukkan ke dalam WPBN 2017 dan WPNB. "Jadi baru akan ditandatangani pada akhir Desember nanti. Tunggu saja," katanya.

Disisi lain, ExxonMobil sudah melakukan negosiasi PJBG (Perjanjian Jual Beli Gas) dengan Pertamina untuk realokasi gas lapangan JTB. ExxonMobil menginginkan suplai gas hanya untuk Pertamina saja nantinya. Tapi Pertamina EP Cepu sebagai operator mengalokasikannya ke PT Pupuk Kujang dan Pertamina.

"Alasan ingin realokasi karena Pupuk Kujang saat ini dalam tahap membangun pabrik. Jadi bila pembangunannya delay maka dikhawatirkan gas tidak terserap maksimal. Tapi intinya kami akan bekerja sama dengan para mitra seperti Pertamina, Dirjen Migas dan SKK Migas guna menyepakati ini," ujar Erwin.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category