Energy

EPC China Tidak Layak Di Proyek 35.000 MW?

img title

Jakarta, PetroEnergy.id -- Direktur Perencanaan PLN, Nicke Widyawati menyatakan saat ini 41,9% proyek pembangkit PLN digarap oleh kontraktor Jepang hanya 26% saja yang menggunakan kontraktor dari China "Sekarang 41,9% dari Jepang, China sekitar 26%. Sebetulnya itu sudah terlihat dari yang sudah kita tanda tangan, asal negara tidak dominan di negara yang disebutkan tadi (China). Ada juga dari Eropa dan dari Amerika Serikat," kata Nicke, saat ditemui di Gedung BPK, Jakarta, Selasa 31 Mei 2016.

Ia menambahkan dominasi China dalam proyek-proyek PLN berakhir karena sekarang penilaian utama dalam lelang bukan harga. "Kualitas mesin pembangkit dan kemampuan teknis kontraktor juga menjadi penilaian utama. Dalam hal ini, Jepang lebih banyak unggul. Sekarang tender PLN bukan hanya melihat yang termurah tapi kualitas secara teknis. Kualitas mesin, baru kita lakukan perbandingan harga," kata Nicke.

Alhasil, PLN memperketat seleksi saat memilih kontraktor. Hasilnya, perusahaan asal China tak lagi mendominasi. Pembangkit-pembangkit listrik yang harus dibangun PLN dalam proyek 35.000 MW sekarang paling banyak dikerjakan oleh kontraktor dari Jepang.

Sementara itu, dari sumber PetroEnergy.id yang tak mau disebutkan namanya hari ini mengatakan, China saat ini sedang meningkatkan keandalan operasional dan menghapus image negative terhadap produk china. Maka berbagai perusahaan china mengajukan konsep kontrak O&M (operation and maintenance) sehingga menjamin kualitas produksi listrik dan performa power plant nantinya.

“Perusahaan EPC dan Manufacture China juga telah menyiapkan diri dengan membawa financing dari china sehingga menjadi paket yg menarik untuk pekerjaan EPC ataupun IPP (independent power producer). Ini jelas menguntungkan bagi Indonesia”, kata dia.

Namun demikian ia mengakui, dengan perekonomian global yang sedang lesu dan menurun, produksi manufacture china juga mengalami perlambatan meskipun masih berproduksi. Hal ini tentunya juga berimbas pada sektor perbankan Cina juga.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category