Oil & Gas

Dwi Soetjipto Tanggapi Pernyataan Prabowo “Cadangan BBM Hanya Cukup 20 Hari”

img title

petroenergy.id, Jakarta – Menanggapi pernyataan pasangan Calon Presiden Prabowo-Sandiaga Uno yang mengatakan bahwa cadangan bahan bakar Indonesia yang hanya cukup 20 hari. Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Dwi Soetjipto mengatakan soal cadangan pada dasarnya tidak bisa melihat kekuatan pasokan energi hanya dari stok BBM saja.

Dwi juga mengatakan, cadangan bahan bakar minyak (BBM) memang cukup untuk 20 hari. Namun, ketahanan energi juga mesti mempertimbangkan produksi minyak mentah (crude). Sementara, minyak mentah itu diproduksi terus-menerus.

"20 hari itu kan cadangan BBM yang tersimpan, tapi kan ada BBM dan crude, dan crude sendiri kan ada produksi secara rutin dan kemudian bagaimana posisi Indonesia dan Singapura yang begitu dekat. Saya kira kita tidak bisa melihat kekuatan supply energi kita hanya dari BBM yang ada di kita saja. Di BBM-nya, storage crude, kemudian yang ada di bumi Indonesia sendiri," ujar Dwi kepada media saat dijumpai dalam paparan kinerja SKK Migas,  Rabu kemarin (16/1/2019).

Produksi minyak di Indonesia sendiri mencapai 700 ribu barel per hari, dan hal itu berkelanjutan, ditambah sumur-sumur pengeboran di Indonesia juga ada banyak. Jadi, menurutnya, ia tidak melihat sesuatu hal yang bisa membuat produksi mendadak berhenti dan tidak bisa menghasilkan minyak.

Mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) itu juga mengatakan, untuk melihat kekuatan energi juga bisa menimbang kekuatan energi negara tetangga seperti Singapura. "Dan itu continue dan kita tidak melihat ada sesuatu yang tahu-tahu mendadak stuck nggak bisa produksi karena juga banyak sumurnya, dan posisi Singapura yang cukup dekat dengan Indonesia itu harus dipertimbangkan aspek Indonesia dengan tetangga kita," imbuhnya. [str]

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category