Investment

Dukung TKDN, PLN Berikan Insentif

img title

Jakarta, PetroEnergy.id -- Sapta Hamid, Kepala Divisi Supply Chain Management PT.PLN (Persero), menyatakan bahwa pihaknya terus mendorong TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) di sektor kelistrikan terus meningkat. Menurutnya, demi meningkatkan TKDN ini kedepan diperlukan tumbuhnya pabrik yang berbasis bahan baku dan komponen. Lalu harus ada sinergi antara PLN, industri hilir beserta hulu listrik dan Pemerintah untuk medukung perencanaan jangka panjang dan regulasinya.

Untuk mendukung ini, katanya, PLN akan berikan insentif bagi penyedia lokal untuk mendapatkan Hak Penyesuaian Penawaran Pengadaan Internasional. Hak ini untuk memberikan kesempatan pada penyedia lokal bisa melakukan penawaran terakhir ketika harga terendah adalah penyedia luar negeri.

Kemudian PLN juga memberikan perjanjian Long-Term Supply Agreement. "Kalau ini untuk memberikan kepastian order dalam jangka panjang kepada pabrikan dalam negeri untuk material tertentu." jelasnya.

Selin itu, PLN juga akan memberi insentif untuk penyedia lokal yang telah masuk DPT (1) dan perusahaan asing dengan kebutuhan PLN yang barang atas jasa-nya belum diproduksi di dalam negeri dan yang bersedia membuat pabrik di dalam negeri. "PLN juga memberikan preferensi harga bagi penyedia dengan barang atauu jasa yang TKDN-nya lebih besar sama dengan 25%," tandasnya.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category