Other

Dirut Pertamina Definitif Akan Diumumkan Bulan Ini

img title

Jakarta, petroenergy.id - Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat, menginginkan Direktur Utama Pertamina definitive segera diumumkan. “Mudah-mudahan bulan ini itu telah diumumukan…Insya Allah,” katanya dikutip katadata.id , Rabu (8/3).

Dewan Komisaris, kata dia, sebenarnya telah menyeleksi lima nama yang akan menjadi Dirut Pertamina. Mereka semua berasal dari internal Pertamina.

Menurutnya, penyaringan lima calon tersebut berdasarkan penilaian dewan komisaris selama sebulan terakhir. "Di Dewan Komisaris semua di assessment. Dari lima orang itu, tiga yang terbaik," kata Edwin.

Tiga calon tersebut layak menjadi Dirut Pertamina karena memenuhi  kriteria  yang diinginkan dewan komisaris. Kriterianya adalah memiliki kemampuan kepemimpinan (leadership), mampu mengelola bisnis, berintegritas dan memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus.

Edwin menambahkan, pemimpin baru Pertamina tidak perlu harus menguasai semua aspek teknis di perusahaan. Yang penting bisa menjadi pemimpin yang dapat membawa perusahaan BUMN itu mencapai visi-misi yang telah ditetapkan selama ini.

Meski ada tiga nama terbaik, Edwin tetap menyerahkan lima nama kepada Menteri BUMN untuk selanjutnya diteruskan kepada Presiden. "Saya tidak tahu, biasanya kalau Presiden itu minta antara 3-6 nama untuk dipelajari, tergantung Pak Presiden," kata dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata, Presiden telah menerima setidaknya tujuh calon Dirut Pertamina, baik yang berasal dari internal maupun luar perusahaan. Dua calon dari internal Pertamina disebut-sebut antara lain Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Rahmad Hardadi dan Direktur Hulu yakni Syamsu Alam.

Adapun, para kandidat dari luar Pertamina yang disorongkan ke Presiden hingga Kamis lalu (2/3), antara lain Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dan Dirut PTPN III Holding sekaligus mantan Dirut PT Elnusa Tbk, Elia Massa Manik. Ada pula Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir dan mantan Dirut PT Bank Mandiri Tbk yang saat ini menjadi Staf Khusus Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin. (mk/*)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category