Energy

Dirjen Ketenagalistrikan Jarman Luncurkan Hari Listrik Nasional ke-71

img title

Jakarta, petroenergy.id  - Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jarman, mengatakan, pemerintah sangat memerlukan adanya masukan-masukan guna untuk perbaikan kinerja ketenagalistirkan nasional. Momentum peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) yang diselenggarakan setiap tahunnya, merupakan salah satu ajang yang dapat dijadikan referensi terkait dengan upaya upaya perbaikan kinerja dan pelayanan ketenagalistrikan.

Jarman mengemukakan hal itu ketika peluncuran peringatan HLN ke 71 yang berlangsung di Hotel Four Season – Capital Place, Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (23/6). “Saya apresiasi bahwa pelaksanaan HLN dari tahun ke tahun semakin baik. Harapan saya semoga HLN ini dapat dijadikan refesrensi untuk memperbaiki kinerja ketenagalistrikan nasional,” kata Jarman.

Menurut rencana HLN ke 71 akan dibuka resmi oleh Presiden Joko Widodo. HLN kali ini berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, pada 28-30 September 2016. Sebagaimana diketahui bahwa pringatatan HLN dalam setiap tahunnya pelaksananya adalah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI).

Dalam sambutan pada peluncuran HLN ke 71, Ketua Umum DPP MKI, Supangkat Iwan Santoso mengatakan, rangkaian acara HLN akan berlangsung sejak 28 September hingga 27 Oktober 2016. Ditambahkannnya, HLN yang mengusung tema Mewujudkan Catur Cita Ketenagalistrikan: Kecukupan, Kompetitif, berkelanjutan dan Merata untuk Menuju “Indonesia Terang” diharapkan menjadi momentum yang kuat dalam mewujudkan kemandirian ekonomi. Dia berharap HLN 71 ini dibuka resmi oleh Presiden Joko Widodo.

"Peringatan HLN akan dimulai dengan kegiatan seminar dan pameran yang dijadwalkan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo," kata Supangkat Iwan Santoso.

Supangkat Iwan Santoso menambahkan, peringatan HLN ke-71 akan mengusung tema Mewujudkan Catur Cita Ketenagalistrikan, Kecukupan, Kompetitif, Berkelanjutan, dan Merata untuk Menuju Indonesia Terang.

Menurutnya, tema tersebut, lanjutnya, diambil sebagai momentum mewujudkan kemandirian ekonomi melalui ketersediaan listrik yang cukup dan merata di seluruh Indonesia untuk menggerakkan sektor-sektor ekonomi strategis.

"Catur Cita Ketenagalistrikan mempunyai arti mewujudkan pasokan listrik yang cukup, merata di seluruh Indonesia dan berkelanjutan, serta kualitas dan keandalan berstandar internasional untuk menuju Indonesia Terang," ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana HLN Ke-71 Tahun 2016 Noesita Indriani menambahkan, agenda utama HLN terdiri atas seminar pada 28-29 September 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), pameran pada 28-30 September 2016 di JCC, sepeda santai pada 16 Oktober 2016 di sekitar Jakarta Selatan, dan upacara peringatan HLN pada 27 Oktober 2016 di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta.

"Melalui peringatan HLN ini, diharapkan menghasilkan pemikiran untuk menumbuhkembangkan industri ketenagalistrikan di Indonesia," ujar Noesita Indriani.

Dijelaskan pula bahwa MKI secara resmi ditunjuk menjadi penyelenggara HLN ke-71 melalui kesepakatan antara Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, PT PLN (Persero), dan MKI pada 12 Maret 2015.

Sementara itu, pada acara peluncuran HLN ke 71 diumumkan beberapa perusahaan yang telah menyatakan diri untuk menjadi sponsorship yang ditandai dengan penandatangan kesepatkan, diantara, PT PLN (Pesero), PT PGN (Persero), PT Cirbon Power, PT Bimasena Power, PT PJB, PT Wijaya Karya Tbk., dan PT Siemens Indonesia.  (mulkani)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category