Oil & Gas

Diklat Teknis Bidang Migas, Sudirman Said: Bagi Masyarakat di Sekitar Blok Masela

img title

Jakarta, petroenrgy.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, mengatakan, mulai menyiapkan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) teknis bidang energy yang melibatkan masyarakat di sekitar Blok Masela.

“Program diklat ini akan dilaksanakan berkesinambungan dan secara bertahap dari waktu ke waktu akan terus ditingkatkan, sehingga menghasilkan SDM yang mampu bersaing secara global,” kata Sudirman Said, Selasa (12/4).

Menurutnya, program diklat ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, Presiden meminta proyek pembangunan kilang gas bumi cair (liquefied natural gas/LNG) di Blok Masela menggunakan tenaga kerja dari Maluku.

“Proyek Masela akan dibangun 8 tahun lagi. Jadi, masih cukup waktu bagi kita untuk menyiapkan SDM-nya. Kita harus menyiapkan SDM lebih banyak dari quota yang dibutuhkan oleh Kilang LNG Blok Masela, sehingga tinggal pilih putra-putra terbaik Maluku,” tambah Menteri ESDM.

Ditegaskan, dalam tahap awal, pendidikan akan dilakukan kerja sama dengan perguruan tinggi di luar Maluku melalui penyediaan dosen yang akan mencetak lulusan mahasiswa yang professional. Untuk dosen dari Politeknik Ambon, kata Menteri ESDM, akan disiapkan oleh Kemenristek Dikti.  Sedangkan Kementerian SDM khususnya BPSDM ESDM menyiapkan dosen-dosen dari Universitas Pattimura. (mulkani)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category