Oil & Gas

DEN Usulkan Hulu dan Hilir Gas Diperbaiki Skemanya

img title

Jakarta, PetroEnergy.id -- Dewan Energi Nasional menjelaskan setelah rapat RUEN (Rencana Umum  Energi Nasional) dengan Ketua Harian Dewan Energi Nasional yaitu Menteri ESDM Ignasius Jonan, maka khusu untuk masalah gas bumi ada tiga hal yg dijadikan pokok pembicaraan yaitu; transparansi, mata rantai dan harganya.

"Di sisi transparansi diharapkan efisiensi dari hulu sampai hilir gas bagi pengguna‎ industri harus  dilakukan buka-bukaan stuktur biayanya. Sehingga harga komodiatas yang dijual bisa bersaing diregional. Kemudian diperbaiki skemanya agar tercapai kesepakatan yang menguntungkan semua belah pihak." kata Anggota Dewan Energi Nasional, Andang Bachtiar kepada media dalam jumpa pers di Kementerian ESDM di Jakarta 14 November 2016.

Ditambahkannya; "Kalau memang industri meminta agar harga gas diturunkan, kita perlu lihat juga perlu  juga apa hasil produk industrinya bersaing pula nanti. Jadi seharusnya Kementrian Perindustrian bisa selektif menetapkan industri mana yang diberikan subsidi." tambahnya. Untuk mata rantai penyaluran gas sudah ditetapkan dalam Permen ESDM 06/2016 dimana akan menghilangkan trader selamabat-lambatnya Februari 2018.

Selain itu, untuk menjadikan harga gas jadi murah, Andang mengusulkan kontrak jual beli gas dari lapangan-lapangan yang mature dan IRRnya sudah lama balik modal maka perlu ditinjau lagi. "KKKS yang sudah lama mengambil keuntungan dari lapangan mature maka harga gasnya mungkin bisa dinegosiasikan oleh pemerintah untuk diturunkan. Sebagai imbalannya, ditawarkan imbal balik berupa perpanjangan kontrak Production Sharing Contract bagi KKKS yang bersedia turunkan harga di hulu." katanya.

"Usulan perbaikan skema hulu dan hilir gas ini semata-mata tercapainya kebermanfaatannya bagi semua pihak."tandas Andang. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category