Energy

DEN : Proyek 35 GW Harus Tetap Jalan

img title


Jakarta, petroenergy.id -- Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Tumiran menyatakan,pembangunan infrastruktur pembangkit listrik sebesar 35 Giga Watt (GW) harus tetap jalan dan tak boleh berkurang targetnya. Pasalnya, Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) 2015-2050 sudah ditetapkan jadi harus dicapai dengan berbagai strategi.

"RUEN kan sudah di tanda tangani Presiden. Maka capaian target-taget di RUEN tidak boleh geser, pembangunan pembangkit tidak boleh bergeser, termasuk capaian EBT (Energi Baru Terbarukan) juga tak boleh bergeser," kata Tumiran kepada media Senin, 23 Januari 2017 di Jakarta.

"Jadi DEN minta tetap harus sesuai target 23% pada tahun 2025 harus dicapai dengan berbagai cara dan strategi," tambahnya.

Senada, Anggota DEN yang lain, Syamsir Abduh juga menyatakan, RUEN sudah realistis dalam penyusunan bauran energi dengan diprioritaskan sumber daya energi paling efisien. "Jadi klita tidak boleh mundur dari target yang dicanangkan. Kalau target mundur justru negara bisa memanggung kerugian," katanya dalam kesempatan yang sama.

Disisi lain Tumiran, menyatakan bahwa PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah bersinergi dengan baik untuk menyelesaikan proyek 35 GW. Buktinya, Dirjen ketenagalistrikan, Dirut PLN Dirjen EBTKE telah sinkron paparkan proyek listrik 35 GW dan implementasinya. "Jadi tak benar jika ada isu selama ini seolah pemerintah tidak sinkron," tandasnya .(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category