Business

Dari Sudut Gunung di Bumi Papua Barat Di-"ikrar"-kan Program PIT Nasional

img title

Jakarta, petroenergy.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mencanangkan Program Indonesia Terang  (PIT) secara nasional, berlangsung  di sebuah pegunungan di Provinsi Papua Barat, Desa Temel Sosian (Distrik Ayamaru Jaya, Kabupaten Maybrat, Kamis (21/4).

Siaran pers Kementerian ESDM yag diterima Petroenergy.id, hari ini, menyebutkan PIT yang pelaksanaanya baru dimulai tahun 2016, ini adalah upaya Pemerintah melistriki daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan (DTPK) dengan memaksimalkan sumber energi terbarukan di wilayah setempat.

PIT adalah bagian dari program pembangunan ketenagalistrikan 35.000 MW untuk memenuhi target peningkatan rasio elektrifikasi nasional, dari 85% pada 2015 menjadi 97% pada 2019. Infrastukturnya berupa pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan mikrohidro (PLTMH) dengan kapasitas total sekitar 9,4 megawatt (MW) serta dukungan dana Rp441 miliar.

“Anggaran sebesar itu boleh jadi kecil. Meski demikian, itu sudah sangat berarti dalam menerangi wilayah Indonesia timur, selain sebagai pemicu investasi,” kata  Sudirman Said.

Diakuinya, ada 12.659 desa tertinggal atau 16 persen dari total jumlah desa Indonesia yang belum mendapat  akses listrik dari jaringan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN.

Oleh karena itu, kata Menteri ESDM,  PIT diarahkan dan dimulai menyasar rumah tangga yang jumlahnya mencapai  2.527.469 Kepala Keluarga (KK) atau  9.970.286 jiwa. PIT dengan anggaran Rp80-an triliun, ditargetkan hingga akhir 2019 telah menjangkau  10.300 desa sudah terlistriki.

Menteri ESDM juga menjelaskan, PIT Tahun Anggaran 2016 dimulai dari enam provinsi kawasan Indonesia timur berikut. Untuk Provinsi Papua dan Papua Barat, saat ini masih ada 18 kabupaten yang sama sekali belum terjangkau listrik PLN, yaitu di Pegunungan Bintang, Tolikara, Yahukimo, Puncak Jaya, Lanny Jaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Puncak, Nduga, Intan Jaya, Yalimo, Supiori, Paniai, Dogiyai, Deiyai, Teluk Wondama, Tambraw, dan Maybrat. mulknai

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category