Company

Dalle Energy Bidik Proyek IPP Dan EPC

img title

 

Jakarta, petroenergy.id -- Muhammad Iqbal Adnan, Direktur Operasi PT Dalle Energy Services mengatakan memang saat ini perusahaan terus berupaya untuk berpartisipasi dalam proyek 35.000 MW. Memang ada beberapa tender yang belum membuahkan hasil seperti tender di Muara Karang dan Lontar IV. Namun perusahaan yakin tahun depan manajemen bisa mengantongi proyek baru dari pemerintah dengan persiapan yang lebih matang.

"Kalau sekarang kita lagi fokus membidik proyek yang dikerjakan IPP maupun PLN sebagai EPC untuk gas turbine, gas engine dan PLTU. Sedang untuk energi baru yang memang kesempatannya tidak terlalu besar, tetap diikuti selama secara hitung-hitungan masuk dan menguntungkan. Persaingan tender saat ini sudah menyentuh rock bottom price yang sangat ketat," katanay kepada petroenergy 13 Januari 2016 di Jakarta.

Sebagai contoh, PLTM saat ini Dalle Energy berencana untuk mengembangkan PLTA dengan totall kapasitas mencapai 200 MW, sedangkan saat ini sudah memiliki 5 proyek mini hydro (PLTMH) dengan total kapasitas mencapai 30 MW yang tersebar di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sedangkan untuk PLTP dan PLTS saat ini Dalle Energy masih melihat peluang untuk bisa mengembangkan sektor tersebut, pasalnya keduanya merupakan long term investment dimana membutuhkan cycle yang cukup lama dan resiko yang lebih besar dibandingkan dengan PLTG, PLTGU dan PLTU.

Dikatakannya : "Kami sudah ikuti beberapa tender, dan kembali lagi kepada proyek 35.000 MW yang memang persaingannya amat sangat ketat. Sekarang kan dari 35.000 MW itu terbagi dua, IPP pegang 25.000 MW dan 10.000 MW itu PLN. Kami baik yang proyek IPP maupun PLN semuanya ikut, ya PLTU, PLTGU, Gas Turbin dan Gas Engine,". 

Dirinya juga mengatakan untuk tahun depan perusahaan fokus untuk memenangi satu tender EPC baik untuk proyek yang dikerjakan PLN maupun yang ditangani IPP. Selain itu, perusahaan juga fokus untuk menekan biaya efisien agar proposal tender bisa kompetitif secara harga. Oleh karena itu, dirinya mengaku selektif untuk bisa mengikuti tender, karena mengikuti kemampuan SDM perusahaan dan juga finansial. Pada pekan depan dirinya mengatakan akan memasukkan proposal untuk salah satu proyek PLTU 2x300 MW dan harapannya proyek tersebut bisa digenggam pada tahun depan.

"Sekarang sedang mengajukan untuk yang IPP dan PLN, itu ada yang 2x300 MW untuk IPP, kalau kami ikuti RUPTL tentunya masih terbuka peluangnya," lanjutnya.

Seperti diketahui untuk pembangunan PLTU memang Dalle Energy memiliki portofolio yang baik, bersama dengan konsorsium Dongfang Electric Corp pihaknya membangun PLTU Lontar 3x300 Mw dan PLTU Pacitan 2x300 MW. Sedangkan untuk protek PLTGU pihaknya telah mengerjakan proyek 3x150 Mw dan 2x100 MW di Tambak Lorok, Semarang. Sedangkan untuk PLTG, Gas Engine dan Gas Turbin pihaknya sudah mengerjakan proyek Tanjung Uncang, Panaran I, II, III, Tanjug Batu Unit 3, dan Teluk Lembu. Oleh karena itu, dengan portofio tersebut dirinya berharap tahun depan bisa menggenggam satu proyek lagi.

Disamping dengan proyek pemerintah yang tengah dibidik, dirinya juga mengatakan akan mengikuti beberapa proyek private untuk PLTBM. Ada beberapa pihak yang pada akhir tahun ini sedang dijajaki, namun dirinya enggan untuk membeberkan proyek-proyek mana private mana saja yang tengah dijajaki. Yang jelas dirinya mengatakan sektornya ada kelapa sawit dan limbah lainnya, lebih dari itu dirinya juga bakal mengerjakan proyek Heat Recovery Steam Generator (HSRG) untuk pabrik-pabrik seperti semen dan lainnya. Selain itu, untuk PLTS dan PLTP dirinya mengatakan ada beberapa pihak yang sedang melakukan penjajakan pada tahun ini.

"Jadi Dalle sebagai holding punya anak usaha namanya Dalle Enggineering Contrucstion (DEC) yang spesialis di EPC Gas Turbin, Gas Engine, HSRG. Dan Ada Dalle Operastion Services (DOS) jadi setelah plant dibangun oleh DEC itu kemudian di handle DOS, kemudian ada Dalle Engginering Services (DES) lebih kepada service kepada engineering, pembuatan FS. Untuk investasi ada Dalle Hydro dan lainnya," tandasnya. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category