Other

Curang, Pengelola SPBU Terancam 5 Tahun Penjara

img title

Jakarta, PetroEnergy.id - Pengelola Stasiun Pengisian Bahan Bakar  Umum (SPBU) terancam hukuman lima tahun penjara bila melakukan kecurangan dalam menyalurkan BBM ke kendaraan konsumen.  Pelanggaran itu bisa dijerat dengan UU tentang Perlindungan Konsumen maupun  UU tentang Metrologi  Legal.

Tepatnya, mereka bisa disangkakan melanggar Pasal 62 ayat 1 juncto Pasal 8 ayat 1 huruf a, b, c Pasal 9 ayat 1 huruf d dan Pasal 10 huruf a UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan atau Pasal 32 ayat 2 jo Pasal 30 dan 31 UU No. 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.

Kasus SPBU di kawasan Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, pertengahan tahun ini menjadi pertanda bahwa kecurangan itu ada. Berbekal remote control dan mesin regulator stibillizer, pengelola SPBU dapat mengurangi volume takaran BBM yang disalurkan ke kendaraan. Kendati sulit dilacak, kasus ini berhasil dibongkar pihak kepolisian.

Dalam acara "Launching dan Talkshow Hasil Uji Petik Takaran dan Standar Layanan di SPBU", beberapa hari lalu, terungkap bahwa SPBU tersebut disewa-pakaikan kepada pihak ketiga.  Karena bukan pemilik SPBU, mereka  dengan mudah melakukan kecurangan.

“Kepada pemilik SPBU hendaknya berhati-hati. Lebih baik kelola sendiri usaha tersebut. Jangan disewa-pakaikan,” tutur Tulus Abadi, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)  mengingatkan.

Tingginya biaya pengelolaan SPBU bisa menjadi pintu masuk pengelola SPBU melakukan kecurangan. “Bayangkan, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) satu SPBU ada yang mencapai Rp 500 juta per tahun,” ujar Tulus. Namun, sumber lain mengatakan biaya itu bisa mencapai Rp 1,2 miliar per tahun.

Besaran PBB yang harus dibayar oleh pemilik SPBU kabarnya sudah dilaporkan ke Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, agar ditinjau ulang. Namun hingga ini kelanjutan dari laporan tersebut belum terdengar. (san)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category